BMKG Catat 23 Titik Panas di Riau

BMKG Catat 23 Titik Panas di Riau
Kebakaran lahan di Riau. ©AFP/Adek Berry
NEWS | 31 Juli 2021 20:15 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menyebutkan di Riau terpantau 23 hotspot atau titik panas berdasarkan pencatatan terakhir pada Jumat (30/7) hingga pukul 23.00 WIB.

"Ada 23 titik panas tersebar di tujuh daerah di Riau, yakni Kabupaten Pelalawan 8 titik, Indragiri Hulu 6 titik, Kepulauan Meranti dan Siak 3 titik, serta Bengkalis, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, di Pekanbaru dilansir Antara, Sabtu (31/7).

Dia mengatakan, selain di Provinsi Riau, 6 provinsi lainnya di Sumatera juga terdapat titik panas, yakni Bangka Belitung 71 titik, Sumatera Selatan 59 titik, Lampung 32 titik, Jambi 18 titik, Sumatera Barat 11 titik dan Bengkulu 6 titik.

"Sehingga, total titik api di Sumatera hari ini mencapai 220 titik panas," katanya.

Ia menyebutkan, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0-33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55–98 persen, sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 05–30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau, katanya, berkisar antara 0.50- 1.25 meter. (mdk/ray)

Baca juga:
Kondisi Hutan di Turki yang Dilanda Kebakaran Hebat
Pemerintah Antisipasi Puncak Karhutla dengan Hujan Buatan
Kebakaran Besar Melanda Turki
VIDEO: Turki Dilanda Kebakaran Hutan Hebat, Asap Hitam Menutupi Isi Kota
Karhutla Landa Aceh Tengah, 11 Hektare Lahan Terbakar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami