BMKG Catat 79 Gempa Susulan Guncang Maluku Utara

PERISTIWA | 15 November 2019 09:04 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 79 kali gempa susulan hingga pukul 09.00 WITA, setelah gempa magnitudo 7,1 mengguncang Jailolo, Provinsi Maluku Utara, Jumat (15/11) dini hari tadi.

"Gempa magnitudo kecil yaitu 3,1 sedangkan magnitudo terbesar yaitu 6,1, lokasi gempa susulan terjadi di sekitar gempa utama," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Edward H Mengko. Dikutip dari Antara.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malut menyatakan, belum ditemukan adanya kerusakan rumah dan infrastruktur maupun korban jiwa.

"Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa pascagempa berkekuatan 7,1 magnitudo di Malut, tetapi kami terus meng-update informasi terkini," kata Sekretaris BPBD Malut, Ali Yau.

Selain itu, pihaknya meminta BPBD kabupaten/kota untuk tetap memantau perkembangan terkini pascagempa, meskipun sejauh ini belum ada laporan terkait kerusakan maupun korban jiwa.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat Malut, terutama di pesisir pantai untuk tetap waspada pascagempa dan jangan pani. Tetap tenang dan tidak terpancing dengan berbagai isu-isu yang disampaikan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab." katanya.

Pada Jumat pagi, akvititas warga Ternate berjalan normal, baik itu pusat perbelanjaan dan perkantoran maupun sekolah tetap dibuka.

Baca juga:
Gempa di Maluku Utara Akibat Penyesaran dalam Lempeng Laut
Bitung Diguncang Gempa Magnitudo 5,5
Kurun Waktu Sekitar 30 Menit, Jailolo Diguncang 3 Kali Gempa
2 Kali Gempa Guncang Halmahera Barat
Rangkaian Gempa Susulan Terjadi di Maluku Utara

(mdk/cob)