BMKG Catat Ada 43 Titik Panas di Riau

BMKG Catat Ada 43 Titik Panas di Riau
PERISTIWA | 27 Februari 2020 13:30 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru mendeteksi 43 titik panas di Riau. Dari jumlah itu, terdapat 30 titik api yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan.

"Hari ini, titik panas ada 43 titik di sejumlah daerah di Riau. Jumlah itu bertambah dari hari sebelumnya yang hanya 6 titik," ujar Staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Putri Santy Siregar, Kamis (27/2).

Putri menyebutkan, 43 titik panas ini tersebar di 4 wilayah. Jumlah terbanyak berada di Kepulauan Meranti yakni 24 titik panas. Kemudian disusul Kota Dumai 13 titik, Bengkalis 4 titik dan Pelalawan 2 titik.

"Dari jumlah titik panas tersebut, 30 titik di antaranya berada di level confidence di atas 70 persen. Bisa diartikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut," kata Putri.

1 dari 1 halaman

Titik api dari kebakaran hutan dan lahan itu berada di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 19 titik dan Kota Dumai 11 titik.

Daerah Dumai menjadi langganan kebakaran lahan sejak beberapa hari belakangan. Sedangkan Polres Rokan Hilir baru-baru ini menangkap dua pelaku kebakaran lahan.

Kedua tersangka ditangkap setelah aksi mereka terekam aplikasi Dasbor Lancang Kuning. Aplikasi tersebut merupakan teknologi yang bisa mendeteksi adanya kebakaran lahan di seluruh Riau. (mdk/ray)

Baca juga:
BMKG Bakal Pakai Dashboard Lancang Kuning Milik Polda Riau Antisipasi Karhutla
Memasuki Musim Kemarau, Aceh dan Riau Waspada Karhutla
Tak Terbukti Bakar Lahan, Petani di Pekanbaru Divonis Bebas
Polda Riau Tetapkan 21 Orang Tersangka Karhutla
Polisi Tetapkan 9 Tersangka Karhutla Riau

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami