BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Sumut-Aceh

BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Sumut-Aceh
Ilustrasi ombak laut. ©Shutterstock.com/Beth Swanson
NEWS | 20 Oktober 2021 14:31 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi gelombang tinggi mencapai empat meter beberapa hari ke depan terjadi di perairan Sumut-Aceh.

"Waspadai gelombang 2,5 hingga empat meter di Samudera Hindia barat, baik di Sumut maupun Aceh," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan, Sugiyono di Medan, Rabu (20/10).

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 1,5 sampai 3,5 meter diperkirakan juga melanda perairan utara Sabang, Selat Malaka dan timur Pulau Simeuleu, Aceh.

Dia melanjutkan, mulai dari perairan timur Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Nias di Sumut, lalu barat Simeuleu sampai Kepulauan Mentawai di Sumbar dan Samudera Hindia barat Sumatera.

"Gelombang tinggi ini akibat angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan sampai 15 knot," terang Sugiyono seperti dilansir dari Antara.

Untuk itu, dia meminta agar transportasi di laut memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo dan lain sebagainya.

"Kita juga mohon supaya masyarakat yang tinggal, dan beraktivitas di pesisir pantai mewaspadai gelombang tinggi ini," tutup Sugiyono. (mdk/fik)

Baca juga:
BMKG Ingatkan Jawa, Bali Hingga Sulawesi Selatan Waspadai Cuaca Ekstrem
BMKG Imbau Masyarakat Bersiap Hadapi La Nina di Akhir Tahun 2021
BMKG Minta Semua Pihak Waspada Dampak La Nina
140 Rumah Terendam Banjir di Ogan Komering Ulu
Hujan Berpotensi Landa Sejumlah Wilayah Indonesia, Sumut Tetap Panas Menyengat
BMKG Sebut Suhu Panas di Wilayah Indonesia Karena Gerak Semu Matahari

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami