BMKG Catat Pekan Kedua September 2021 Terjadi 41 Kali Gempa di Aceh dan Sumut

BMKG Catat Pekan Kedua September 2021 Terjadi 41 Kali Gempa di Aceh dan Sumut
ilustrasi gempa. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 13 September 2021 02:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pusat Gempa Regional Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat, terjadi 41 kejadian gempa bumi pada pekan kedua September 2021.

Peneliti Pusat Gempa Regional BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela mengatakan, kekuatan gempa yang terjadi pekan kedua atau 3-9 September 2021 bervariasi. Gempa dengan magnitudo di bawah 4.0 sebanyak 40 kejadian dan magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0 sebanyak 1 kejadian.

"Berdasarkan sebaran seismisitasnya, aktivitas kegempaan di Aceh dan Sumatera Utara itu sangat dipengaruhi oleh aktivitas seismik di sekitar Sesar Sumatera dan sebagian di wilayah subduksi di Pantai Barat Sumatera," katanyadi Medan, Minggu (12/9). Dilansir Antara.

Staf analisis PGR 1, Lewi Ristiyono menambahkan, 41 gempa yang terjadi di pekan kedua September itu, pusat gempa didominasi di darat dengan 32 kejadian dan di laut 9 kejadian.

Untuk kedalamannya diklasifikasi menjadi dua, yaitu gempa dangkal (dibawah 60 Km) sebanyak 34 kejadian dan gempa menegah (60 sampai dengan 300 km) sebanyak 7 kejadian.

"Tidak ada gempa bumi yang signifikan dan dirasakan pada pekan kedua ini, masyarakat harus tetap waspada dan tidak perlu panik. Peduli pada respons cepat informasi BMKG. Tetap jaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemi," katanya.

Baca juga:
Gempa Tektonik Magnitudo 4 Kembali Guncang Sumba Timur
Bongkahan Batu Besar Berjatuhan Saat Gempa Meksiko
Warga Meksiko Lihat Kilatan Cahaya di Langit Saat Terjadi Gempa
Takut Gempa Susulan, Warga Meksiko Tidur di Pinggir Jalan
Gempa Magnitudo 3,9 Guncang Badung Bali
BMKG: Maluku Tengah Berpotensi Tsunami Non Tektonik
Gempa 7.0 Magnitudo Guncang Daerah Pantai Acapulco Meksiko, Satu Orang Tewas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami