BMKG Prediksi Seluruh Provinsi Hujan Lebat Terjadi Jelang Natal hingga Tahun Baru

BMKG Prediksi Seluruh Provinsi Hujan Lebat Terjadi Jelang Natal hingga Tahun Baru
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 1 Desember 2021 12:14 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membeberkan potensi cuaca satu minggu sebelum Natal. BMKG memprediksi hampir seluruh provinsi di Indonesia akan mengalami hujan lebat.

"Potensi cuaca 1 minggu sebelum natal di sini terlihat potensi cuaca gambar yang menunjukkan awan hitam itu adalah hujan lebat. Nampaknya hampir seluruh provinsi di Sumatera. Kecuali Sumatera Selatan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/11).

Dwikorita mengatakan, potensi hujan lebat juga terjadi provinsi Jawa. Sementara di DKI Jakarta bahkan hingga Nusa Tenggara Timur, intensitas hujan diperkirakan terjadi mulai sedang hingga lebat.

Dia menambahkan, seluruh provinsi di Kalimantan juga diprediksi akan mengalami hujan lebat. Berikutnya di Papua dan Papua Barat serta Maluku.

"Maluku Utara di prediksi hujan sedang, di Sulawesi sebagian hujan sedang dan sebagian hujan lebat itu hingga tanggal 24 Desember," ujar Dwikorita.

Prediksi berikutnya, tanggal 25 Desember hingga 1 Januari hampir seluruh provinsi di Indonesia akan mengalami hujan lebat. Baik Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Sulawesi. Kecuali di Sulawesi Barat dan Maluku akan mengalami hujan sedang.

"Kemudian, tanggal 2 sampai 8 Januari masih hujan lebat di sebagian besar di Provinsi Indonesia, ada beberapa yang mengalami di prediksi hujan intensitas sedang, namun mayoritas adalah hujan lebat," tutur dia.

Dia berpesan agar masyarakat menjaga kesehatan lantaran saat musim hujan tersebut daya tahan tubuh mulai menurun. Dwikorita juga mengingatkan pentingnya keselamatan transportasi mengingat kerap terjadi bencana menjelang akhir tahun.

"Poinnya adalah untuk keselamatan baik masyarakat, keselamatan transportasi, karena dengan hujan lebat potensi bencana banjir, longsor, banjir bandang, gelombang tinggi semakin meningkat. Apalagi di masa pandemi, biasanya daya tahan tubuh mulai menurun di kondisi cuaca seperti itu," tutup dia. (mdk/gil)

Baca juga:
BMKG: Siklon Nyatoh dan 2 Bibit Siklon Terpantau Dekat Wilayah Indonesia
Info BMKG Hari Ini, Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah
Imbas Bibit Siklon Tropis 94W, BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di Laut Natuna
BMKG: Aceh Masih Diguyur Hujan Hingga Desember, Waspada Longsor dan Banjir
Cuaca Minggu Ini Menurut BMKG, Ini Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami