BMKG Sebut Hilal 1 Syawal 1442 Belum akan Terlihat Sore Ini

BMKG Sebut Hilal 1 Syawal 1442 Belum akan Terlihat Sore Ini
BMKG Pantau Hilal dari Ancol. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 11 Mei 2021 15:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa pada Selasa, 11 Mei 2021 penampakan hilal belum bisa terlihat di seluruh Indonesia. Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono menyebut bahwa kemungkinan hilal penentu 1 Syawal 1442 H bisa terlihat pada Rabu sore, 12 Mei 2021.

"Seperti rilis yang sudah disampaikan oleh BMKG bahwa pengamatan tanggal 11 Mei 2021 pada sore hingga malam hari tidak mungkin hilal terlihat karena konjungsi/ijtimak hilal belum terjadi dan ketinggian hilal masih negatif (minus)," jelas Rahmat dalam keterangan tulis, Selasa (11/5).

Dia menambahkan, potensi terlihatnya hilal pada pengamatan hilal tanggal 12 Mei 2021 antara sedang sampai besar.

"Perlu ditegaskan bahwa pengamatan hilal selalu dilakukan sore hingga malam hari, demikian juga pengamatan tanggal 12 Mei 2021, juga dilaksanakan pada sore hingga malam hari," ujarnya.

Rahmat menjelaskan, secara astronomi, tinggi hilal sore hari ini di seluruh Indonesia adalah minus, maka pengamatan hilal tanggal 11 Mei ini tidak akan tampak sehingga tanggal 12 Mei besok dipastikan masih bulan Ramadan.

Rahmat juga menerangkan mekanisme pengamatan (rukyat Hilal) oleh BMKG untuk mendukung penentuan awal bulan Qomariah (Hijriyah). Menurutnya pengamatan dimulai tiga jam sebelum matahari terbenam (maghrib/sore hari) sampai dengan dengan 30 menit setelah bulan terbenam (malam hari setelah maghrib), dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi.

"Saat pengamatan dilaksanakan, kecemerlangan cahaya Hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi Bulan di ufuk barat," ujarnya.

Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan kepada masyarakat secara online (live streaming) ke seluruh dunia melalui http://www.bmkg.go.id/hilal. Sehingga masyarakat luas dapat ikut melihat Hilal penentu awal bulan Syawal 1442 H pada hari Selasa, 11 Mei 2021 dan Rabu 12 Mei 2021 pada sore hingga malam hari.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
KPK Izinkan Tahanan KPK Dibesuk saat Idulfitri, Begini Syaratnya
Anies Minta Masjid Raya di Jakarta Tak Terima Jemaah Salat Id Luar Wilayah
Jelang Lebaran, Presiden Jokowi Bagikan Sembako di Cideng Jakpus
Pasar Tanah Abang Mulai Besok Ditutup Total, Akses Masuk Parkir Ditutup Hari Ini
Satgas Covid-19 Perketat Pengawasan Tempat Wisata Jelang Lebaran
H-2 Idul Fitri, Pasar Kebayoran Lama Dipadati Pengunjung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami