BMKG: Sejumlah Wilayah Mulai Hujan di Bulan Oktober, Puncaknya Januari 2020

PERISTIWA | 2 Oktober 2019 17:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sejumlah wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan pada bulan ini. Level hujan berada di kategori rendah.

"Daerah yang berpotensi hujan itu Aceh dan Sumatera Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. Dan potensi hujan untuk daerah Lampung masih rendah di bulan Oktober ini. Bukan berarti tidak ada hujan, hanya intensitasnya masih rendah," kata Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, Indra Gustari, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (2/10).

Secara bergilir, katanya, musim hujan akan mengguyur wilayah lainnya di Indonesia bulan November mendatang. Di Pulau Jawa, intensitas hujan kategori menengah dan semakin meningkat Desember.

"Sedangkan Januari sampai Februari adalah sebagai puncak musim hujan tahun 2019-2020. Sedangkan di Februari-Maret curah hujannya makin tinggi tapi Sumatera bagian utara mulai menurun," papar Indra.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
BPBD Garut Lakukan Langkah Mitigasi Hadapi Musim Penghujan
Jelang Musim Hujan, Dinas SDA Pantau Kondisi Pompa Air di Jakarta
BMKG Prediksi Indonesia Masuk Musim Penghujan pada Awal Bulan November
Hujan Disertai Angin Kencang Landa Medan, Pohon Tumbang & Atap Bangunan Ambrol
Hujan Lebat Akibatkan Longsor dan Hambat Arus Balik Bone-Sidrap
Hujan Berpotensi Terjadi, Pemudik di Sumut Diingatkan Lebih Hati-Hati
BMKG: Waspada Hujan Disertai Angin Kencang di Jaksel dan Jaktim

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.