BNN Bongkar Jaringan Narkoba Lapas di Samarinda, Sabu & Uang Rp50 Juta Disita

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Lapas di Samarinda, Sabu & Uang Rp50 Juta Disita
BNN Bongkar Jaringan Narkoba Lapas di Samarinda. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 27 Februari 2021 11:26 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - BNN Provinsi Kalimantan Timur membongkar jaringan narkoba di salah satu Lapas di Samarinda yang diedarkan ke sejumlah daerah di Kalimantan Timur. Enam orang terduga pengedar sabu diciduk. Dalam kasus itu, selain menyita ratusan gram sabu, juga uang hasil penjualan narkoba Rp50 juta.

Keterangan diperoleh, penangkapan BNN dilakukan 21-22 Februari 2021. Keenam orang yang diamankan itu adalah berinisial MKT, SKR, ALS, TT, YD, dan UD. Mereka semua sudah berada di kantor BNNP Kaltim, Jumat (26/2).

"ALS, TT, YD dan UD, adalah warga binaan salah satu Lapas di Samarinda," kata Kepala BNN Provinsi Kalimantan Timur Brigjen Pol Iman Sumantri, kepada merdeka.com, Sabtu (27/2) pagi.

Iman menerangkan, salah satu dari empat warga binaan, bahkan ada yang divonis penjara seumur hidup. "Ternyata mereka masih bisa mengendalikan bisnis narkoba dari dalam Lapas dengan aman," ujar Iman.

Disebutkan Iman, dari pengembangan kasus, timnya pertama kali mengamankan YD dengan barang bukti 4 bal sabu seberat 200 gram, yang dipesan TT. Dan diantaranya didapat dari sesama warga binaan Lapas, UD.

"Pengembangan terus berlanjut, tim bergerak ke indekos MKT di Samarinda, dengan barang bukti 200 gram sabu dan 3,5 butir ekstasi. Dari keterangan dia, sabu akan dikirim ke SKR di kabupaten Paser. SKR kita amankan di Paser," terang Iman.

"Jadi dari keterangan SKR ini mengaku paket sabu yang dia pesan atau beli dari ALS warga binaan salah satu Lapas di Samarinda," ungkap Iman.

Dari dua hari pengungkapan jaringan Lapas itu, petugas juga menghimpun barang bukti antara lain 11 bal plastik klip, sendok takar terbuat dari sedotan, timbangan digital, alat isap bong, kartu ATM, dua HP, dan 1 unit motor.

"Kami juga amankan uang hasil penjualan narkoba Rp50 juta. Keenam tersangka kita bawa ke kantor (BNNP Kaltim di Samarinda), untuk pemeriksaan lanjutan," tutup Iman. (mdk/ray)

Baca juga:
Napi di Sumut Nekat Edarkan Sabu Meski Sudah Divonis Seumur Hidup, Begini Aksinya
BNN Bongkar Peredaran Narkoba Dikendalikan dari LP Pekanbaru, Setengah Kg Sabu Disita
Lapas Cipinang Sita Handphone dari Warga Binaan Diduga Terkait Aktivitas Narkoba
50 Persen Peredaran Narkoba di Bali Dikendalikan dari Lapas
17 Pegawai Lapas di Riau Dipecat karena Terlibat Kasus Narkoba

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami