BNPB: 17 Masih Hilang, 35 Jenazah Korban Banjir Sentani Belum Teridentifikasi

PERISTIWA | 31 Maret 2019 02:06 Reporter : Wisnoe Moerti

Merdeka.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, 35 jenazah korban banjir bandang Sentani belum teridentifikasi.

"Kebanyakan korban yang belum teridentifikasi adalah pendatang dari luar Papua dan tidak melaporkan diri ke dinas kependudukan atau aparat setempat," kata Sutopo seperti dilansir Antara, Sabtu (30/3).

Sutopo mengatakan korban meninggal akibat banjir bandang berjumlah 112 orang. Jenazah yang sudah teridentifikasi berjumlah 77 orang dan 52 orang diantaranya sudah menerima santunan yang diberikan kepada ahli warisnya.

Sementara itu, jumlah korban yang hilang tercatat 17 orang. Jumlah korban yang diduga hilang berkurang karena setelah didata beberapa orang berhasil ditemukan di tempat pengungsian.

"Ada juga korban yang sebelumnya dilaporkan hilang telah kembali ke keluarganya," ujarnya.

Sutopo mengatakan jumlah korban luka 961 orang, yaitu 153 luka berat dan 808 luka ringan, dan masih ada 4.763 jiwa atau 963 kepala keluarga yang mengungsi di 21 titik.

Masyarakat yang mengungsi merupakan korban banjir bandang dan luapan Danau Sentani. Pengungsi akibat banjir bandang sudah banyak yang pulang ke rumahnya.

"Pengungsi akibat luapan Danau Sentani 2.854 jiwa atau 759 kepala keluarga yang ditempatkan di Pos Lapangan Jembatan Kuning," tutur Sutopo.

Masa tanggap darurat banjir Sentani telah selesai dan mulai memasuki masa transisi darurat menuju pemulihan.

"Rapat koordinasi menyepakati tanggap darurat berakhir pada Jumat (29/3) dilanjutkan dengan transisi darurat menuju pemulihan selama tiga bulan mulai Sabtu (30/3) hingga Kamis (27/6)," kata Sutopo.

Sutopo mengatakan hal-hal yang dilakukan pada masa tanggap darurat dapat dilanjutkan kembali selama masa transisi darurat menuju pemulihan, kecuali pencarian korban.

Baca juga:
Pemakaman Massal Korban Banjir Bandang Sentani
Korban Banjir Tewas di Sentani Capai 112 Orang dan Puluhan Belum Ditemukan
Belum Teridentifikasi, 20 Jenazah Korban Banjir Bandang Papua Dikubur Massal
20 Korban Banjir Bandang di Sentani Akan Dimakamkan Massal
105 Korban Tewas Akibat Banjir Bandang Sentani Kembali Ditemukan
Berikut 75 Jenazah Korban Banjir Sentani Papua Berhasil Diidentifikasi Polri

(mdk/noe)