BNPB akan Dirikan Rumah Sakit Darurat di Stadion Manakarra untuk Korban Gempa Mamuju

BNPB akan Dirikan Rumah Sakit Darurat di Stadion Manakarra untuk Korban Gempa Mamuju
Stadion Mankarra Mamuju akan dijadikan RS Darurat. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Udin
PERISTIWA » MAKASSAR | 16 Januari 2021 15:05 Reporter : Ahmad Udin

Merdeka.com - Pascagempa yang terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar) dengan kekuatan Magnitudo 6,2. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Mounardo, yang saat ini sedang berada di Mamuju, mengaku akan menempatkan 1 rumah sakit darurat di lapangan Stadion Manakarra Mamuju.

"Kita hari ini akan menempatkan 1 rumah sakit darurat di stadion lapangan ini. Ini kita lakukan untuk memudahkan para pengungsi di disini yang terlihat lebih banyak dari tempat lain," kata Doni, Sabtu 16 Januari 2021.

Dia mengaku, sampai saat ini ada 4 Rumah Sakit Di Mamuju ini hampir semua pelayanannya tidak berfungsi. Untuk itu kata dia, di lapangan stadion ini akan di tempatkan satu unit tenda lapangan untuk memudahkan pasien yang semakin hari semakin bertambah.

"Tempat ini sudah ditinjau kemarin ibu Risma, untuk dibuatkan rumah sakit darurat di lapangan ini. Kita tahu pelayanan rumah sakit ini sudah tidak berfungsi," kata Doni.

Lanjutkan dia, soal tenaga medis pascagempa. Sejauh ini sudah mengirimkan sejumlah dokter, baik dari medis Makassar dan Palu ditambah lagi dengan sejumlah dokter polisi baik dari Polda Sulsel dan Sulteng.

"Kami sudah koordinasi, sejumlah dokter sudah dalam perjalanan ke Mamuju. Dan tentunya di bantu dengan beberapa dokter bedah yang didatangkan dari pusat dengan membawa sejumlah peralatan medis," katanya.

Pantauan di lokasi, sejumlah pengungsi sudah mulai mengalami kekurangan kebutuhan. Seperti yang dikeluhkan sejumlah pengungsi di kompleks Stadion, warga khususnya ibu menyusui sudah mulai kekurangan popok, susu dan air bersih. (mdk/ded)

Baca juga:
Polisi Amankan Lokasi Dugaan Penjarahan Logistik untuk Korban Gempa di Mamuju
BNPB Serahkan Bantuan Rp4 Miliar bagi Warga Terdampak Gempa Mamuju-Majene
Kesaksian Tim Relawan Muhammadiyah Korban Penjarahan di Majene: Warga Bawa Parang
BMKG soal 32 Gempa Susulan di Sulbar: Bisa Jadi Ada Energi Potensial Belum Dilepas
Upaya Pencarian Korban Gempa yang Tertimpa Reruntuhan di Mamuju
BNPB Minta Warga Waspadai Potensi Gempa Susulan di Sulawesi Barat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami