BNPB: Gempa 6,6 Magnitudo di Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami

BNPB: Gempa 6,6 Magnitudo di Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami
PERISTIWA | 20 Januari 2020 08:10 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 di Bolaang Uki, Sulawesi Utara (Sulut), pada Minggu pukul 23.58 WIB, tak berpotensi tsunami. Lokasi gempa di 64 kilometer Barat Daya Bolaanguki, Bolsel, Sulut itu turut dirasakan di sejumlah wilayah.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Jakarta, Senin (20/1).

Gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Utara itu dirasakan seperti di Bolaangmongodow Selatan gempa terasa kuat selama lima detik. Gempa juga dirasakan kuat di Gorontalo selama 2-3 detik, belum ada laporan kerusakan.

"Gempa terasa sedang di Bonebolango selama 3-4 detik belum ada laporan kerusakan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya @infoBMKG pada Senin (20/1) dini hari melaporkan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Titik koordinat gempa berada di 0.20 Lintang Utara, 123.89 Bujur Timur," lapor BMKG.

Pusat gempa tersebut berada di laut dengan kedalaman 95 kilometer. Jarak lokasi gempa yakni 64 kilometer dari Bolaang Uki ke arah barat daya

Menurut BMKG, dampak gempa yang paling terasa terjadi di Luwuk, Sulawesi Tengah, dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) IV-V.

Skala MMI IV dan V artinya getaran dirasakan oleh banyak orang atau hampir semua penduduk. Kemudian akibat gempa itu, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti. Belum diketahui ada tidaknya kerusakan atau korban luka maupun jiwa akibat gempa tersebut.

Baca Selanjutnya: Gempa Terasa Hingga Barat Gorontalo...

Halaman

(mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami