BNPB Ingatkan Kepala Daerah Fokus Cegah Kebakaran di Lahan Gambut

PERISTIWA | 25 September 2019 07:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Munardo meminta Pemerintah Daerah harus tetap fokus dalam upaya mencegah kebakaran di kawasan lahan gambut.

"Fokus mencegah terjadi lagi kebakaran sangat penting, karena bila lahan gambut terbakar maka sulit untuk dipadamkan," tegas Kepala BNPB saat rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Palembang, Selasa (24/9) seperti dikutip Antara.

Dikatakan, bila lahan gambut terbakar maka harus terus dibasahi dan inilah yang menjadi problem besar pada saat musim kemarau seperti saat ini.

Dia mencontohkan seperti kejadian di Kalimantan Barat, meski sudah dilakukan waterbombing selama tujuh hari dengan tiga unit helikopter namun kebakaran hutan dan lahan belum padam.

"Hal itu membuktikan bahwa pemadaman karhutla di lahan gambut sulit dipadamkan. Gambut itu kodratnya harus basah dan berair, Indonesia itu menjadi negara ketiga terbesar miliki gambut," ujar Doni.

Doni menambahkan, lahan gambut terbakar sama dengan membakar batubara, susah dipadamkan. Dia meminta semua masyarakat harus memahami ini sehingga sosialisasi pencegahan lahan gambut terbakar sangat penting.

Selain water bombing, berbagai upaya modifikasi cuaca sudah dilakukan, bahkan sebagai upaya maksimal pemadaman kebakaran lahan di Indonesia, sudah ada puluhan unit helikopter yang diturunkan.

"Untuk di Sumsel adalah jumlah unit terbanyak yakni sembilan unit helikopter di mana tujuh untuk waterbombing dan dua untuk patroli. Begitu juga alokasi bantuan dari BNPB untuk Sumsel terbanyak. Sumsel ini memang menjadi perhatian penuh dari pemerintah pusat," pungkas Doni. (mdk/bal)

Baca juga:
BPPT: Hujan Buatan Sudah Banyak Tapi Kebakaran Sangat Parah
Polri Tetapkan 323 Orang dan 14 Korporasi Tersangka Karhutla
Data Titik Api 24 September: Riau Turun Paling Banyak, di Kalteng Masih Tinggi
UNICEF: Kebakaran Hutan di Indonesia Mengancam Keselamatan 10 Juta Anak
Setelah PT HBL, Polda Sumsel Bidik 2 Korporasi Dalam Kasus Karhutla
Menko Polhukam Berikan Keterangan Terkait Situasi Indonesia Terkini

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.