BNPB: Kanker yang Diderita Sutopo Telah Menyebar ke Tulang & Organ Vital Tubuh

PERISTIWA | 7 Juli 2019 07:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Kepala Humas dan Pusat Data BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China pada Minggu (7/7) pukul 01.20 WIB dini hari. Sutopo menghembuskan napas terakhir usai menjalani perawatan penyakit kanker paru-paru sejak 15 Juni 2019.

Berdasarkan keterangan dari BNPB, kondisi Sutopo memburuk usai kanker yang berada di tubuh Sutopo telah menyebar ke tulang dan organ lainnya.

"Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh," demikian keterangan resmi dari Humas BNPB yang diterima di Jakarta seperti dikutip Antara.

Sutopo Purwo Nugroho berpulang pada Minggu, 7 Juli 2019 sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

Sutopo meninggalkan Tanah Air untuk menjalani pengobatan kanker paru-paru stadium lanjut di Guangzhou, China, pada 15 Juni 2019. Setelah berjuang melawan penyakit kanker paru yang sudah diidapnya sejak awal tahun 2018.

Banyak pihak prihatin sekaligus terharu dengan kondisi Sutopo dan ketegarannya melawan penyakit kanker. Sebagai bentuk dukungan pada pria kelahiran Boyolali tersebut, hari ini, Minggu (16/6), hastag #DoaBuatSutopo menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sampai pukul 15.30 Wib, sebanyak 10.700 akun memakai hastag #DoaBuatSutopo.

Kemunculan hastag ini bermula dari unggahan Sutopo pada akun Instagramnya @sutopopurwo. Pada unggahannya 15 Juni kemarin, Sutopo menceritakan akan terbang ke Guangzhou untuk mengobati sakit kankernya. Dengan suaranya yang terdengar pelan, Sutopo memohon doa untuk kesembuhan.

"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali.

Saya mohon doa restu kepada kepada semua netizen dan lain-lain. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa.

Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya."

Baca juga:
BNPB: Kita Semua Kehilangan Pak Sutopo
Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia
Sutopo Pamit Berobat ke China, Hastag #DoaBuatSutopo Menggema di Twitter

(mdk/ray)