BNPB: Roda Perekonomian Harus Tetap Berjalan Seiring Penerapan Protokol Kesehatan

BNPB: Roda Perekonomian Harus Tetap Berjalan Seiring Penerapan Protokol Kesehatan
BNPB bagi-bagi masker di Surabaya. ©2021 Merdeka.com/Genan
NEWS | 28 Juli 2021 13:34 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mendorong upaya optimalisasi peran Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di seluruh level tingkatan Pemerintah Daerah. Mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Kota.

Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB Andi Eviana mengimplementasikan upaya itu melalui berbagai kegiatan langsung di lapangan. Salah satunya dengan menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat di sejumlah wilayah di Surabaya.

Evi mengatakan, lokasi yang dipilih ialah yang menjadi sentra perekonomian di tengah permukiman padat penduduk. Pembagian masker ini juga akan mendukung arahan Presiden agar usaha rakyat kecil dapat mulai dibuka dengan protokol kesehatan ketat.

Evi berharap, dengan upaya tersebut roda perekonomian dapat tetap berjalan serta upaya menekan laju penularan Covid juga bisa optimal.

"Roda perekonomian harus tetap berjalan seiring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan pengawasan dari semua jajaran posko PPKM merupakan upaya penting dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," jelas Evi, Selasa (28/7).

Selain distribusi masker, lanjut Evi, penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Posko PPKM di tingkat desa/kelurahan juga dijalankan melalui berbagai kegiatan. Seperti menyiapkan shelter sebagai tempat isolasi mandiri, menyiapkan tenaga kesehatan, pemenuhan kebutuhan vitamin dan obat-obatan serta tabung oksigen.

"Dengan dukungan dari hulu ke hilir ini, maka diharapkan dapat segera memutus mata rantai penularan Covid-19 di Tanah Air dan pemulihan ekonomi dapat segera dijalankan," tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga membagikan masker kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 ribu lembar. Bantuan masker tersebut kemudian akan didistribusikan ke 12 Kabupaten/Kota yang menjalankan PPKM Level 4 di Provinsi Jawa Timur.

Melalui kegiatan distribusi masker sebagai bagian dari optimalisasi posko PPKM Mikro, masyarakat bisa mendapatkan masker secara langsung dan gratis sesuai dengan yang dibutuhkan. Dari sini, diharapkan masyarakat dapat semakin memahami dan lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. (mdk/ded)

Baca juga:
Protokol Kesehatan dan Kegiatan Ekonomi Bisa Berjalan Beriringan
Satgas Covid-19 Sebut Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes Naik di Semua Provinsi
Satpol PP Bali Akui Sulit Awasi Aturan Makan di Tempat Maksimal 30 Menit
Terbitkan SK, Pemprov DKI Atur Batasan Restoran di Gedung Terbuka dan Tertutup
Menko Airlangga: Vaksin dan Protokol Kesehatan Penting untuk Keluar dari Pandemi
MUI Usul ke Mahfud agar Longgarkan PPKM Namun Perketat Prokes

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami