BNPB sebut status Gunung Raung sudah aman untuk penerbangan

PERISTIWA | 18 Agustus 2015 11:08 Reporter : Gede Nadi Jaya

Merdeka.com - Pihak badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meyakinkan untuk saat ini jalur penerbangan masih aman dari status Gunung Raung. Hal tersebut berdasarkan koordinasi BNPB dengan BMKG bahwa untuk lima hari sebelumnya dan ke depan, status raung sudah turun.

Dikatakan Sutopo Purwo Nugroho, Kapus Datinmas BNPB, hingga saat ini kondisi aktivitas Gunung Raung sudah menurun. Namun kata Sutopo, statusnya tetap pada status 3.

"Bicara soal statusnya masih tetap status 3. Namun soal kondisi saat ini, bisa dikatakan aman. Terlebih lagi bagi efek abu vulkanik untuk penerbangan," jelas Sutopo usai acara pelatihan bimbingan teknis penanggulangan bencana, Selasa (18/8) di Kuta Bali.

Dikatakan aman oleh Sutopo, karena tremor yang sebelumnya mencapai 32 MM, kini hanya pada di 2 MM. Tremor kata Sutopo merupakan pasokan magma pada gunung Raung.

"Asal tidak ada pemicunya, semisalkan gempa lokal. Tremor ini akan aman kondisinya," tuturnya.

Untuk jalur penerbangan, dijelaskan Sutopo khusus wilayah Bandara Ngurah Rai sudah dalam kondisi aman untuk jalur penerbangan baik itu domestik maupun Internasional.

"Jika sebelumnya bandara di Bali dan Jatim buka tutup, untuk saat ini sudah sangat aman. Harapan kita dengan adanya pelatihan bimbingan data dan informasi cepat, dapat memberikan informasi peringatan dini secepat mungkin kepada publik," tegasnya

(mdk/hhw)