BNPT Susun Peta Daerah Rawan Radikalisme

BNPT Susun Peta Daerah Rawan Radikalisme
Kepala BNPT Boy Rafli Amar. ©istimewa
NEWS | 15 September 2021 13:45 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli mengungkap, pihaknya tengah menyusun peta daerah rawan radikalisme dan terorisme di tahun 2021. Hal itu ia sampaikan saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI.

"Pada tahun 2021 ini, BNPT melakukan analisis pemetaan wilayah rawan paham radikal terorisme untuk mengetahui wilayah rawan radikal terorisme," kata Boy.

Peta kerawanan ini, kata Boy, digunakan untuk menyusun indeks terorisme dan indeks potensi radikalisme di berbagai daerah.

"Hal ini tentu kita berharap menjadi dasar menyusun indeks terorisme dan indeks potensi radikalisme di berbagai daerah," jelasnya.

BNPT melakukan kajian tahunan pemetaan wilayah rawan radikalisme untuk melakukan penangkalan dengan cara yang efektif. Boy mengungkap ada tiga tujuan pemetaan ini.

"Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu pertama memetakan potensi radikalisme di masyarakat. Kedua memetakan pemahaman dan sikap kebhinekaan dan pengaruh dalam menangkal paham radikalisme. Ketiga memetakan literasi digital di masyarakat. Serta pengaruh dalam menangkal potensi radikalisme di masyarakat," tutup Boy. (mdk/fik)

Baca juga:
BNPT Temukan 399 Kanal Medsos Berkonten Radikalisme, Paling Banyak di Telegram
Mantan Napi Teroris Bikin Petisi Bubarkan BNPT
BNPT Teken MoU Bersama ISMI dan The Habibie Center dalam Penanggulangan Terorisme
BNPT Ingatkan Masyarakat Tak Salah Sikapi & Partisipasi Terkait Aksi Bom Kabul
BNPT Kutuk Keras Bom di Bandara Kabul yang Tewaskan Puluhan Orang
3 Fakta Kawasan Khusus Ekonomi untuk Eks Napi Teroris di Banyuwangi, BNPT Siapkan Ini
Kepala BNPT Sebut KKTN Banyuwangi Bakal Fokus di Bidang Kelautan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami