Bongkar Kasus Narkoba Ratusan Kilogram, Polri Klaim Selamatkan 1,3 Juta Jiwa

Bongkar Kasus Narkoba Ratusan Kilogram, Polri Klaim Selamatkan 1,3 Juta Jiwa
Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Krisno Siregar. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 1 April 2022 21:30 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Bareskrim Polri mengklaim telah menyelamatkan sebanyak 1.318.143 jiwa berkat pengungkapan kasus ratusan kilogram narkotika. Kasus ini melibatkan sebanyak 14 orang tersangka.

“Total jiwa yang dapat terselamatkan kurang lebih sebanyak 1.318.143 jiwa,” ujar Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Krisno Siregar di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (1/4).

Krisno menjelaskan ke-14 orang tersangka merupakan hasil penyelidikan dari 9 kasus yang terjadi di Aceh, Medan dan Jakarta. Dengan hasil barang bukti sabu (84,1 kg), ganja (173,2 kg), 1.853 butir ekstasi dan obat keras sebanyak 1.613.400 butir.

“Hari ini kita ekspos ada 9 kasus pengungkapan dari tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan 15 Maret 2022, TKP-nya tersebar dari mulai Aceh, Medan dan beberapa tempat di wilayah hukum Polda Metro Jaya di Jakarta,” ungkap Krisno.

“Untuk lokasi penangkapan ada yang ditempat-tempat penginapan atau rumah, ada yang di jalan dan ada juga yang di perairan laut,” tambahnya

2 dari 2 halaman

Krisno berharap dari kegiatan proses pemusnahan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto sebagai bukti Polri akan terus menindak tegas para pelaku pengedar narkoba di Indonesia.

“Mengajak stakeholder dari kementerian lainnya dan lembaga lainnya akan terus bekerja keras untuk melakukan penegakan hukum dalam rangka supply reduction di peredaran gelap narkoba di Indonesia,” jelas Krisno.

Bareskrim Polri juga turut menggelar pemusnahan barang bukti yang telah berhasil diamankan.

“Methamphetamine sebanyak 84.165 gram, kemudian ada ganja sebanyak 173.244 gram, barang bukti amphetamine jenis ekstasi sebanyak 1.583 butir dan yang terakhir obat keras sebanyak 1.613.400 butir,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli di RSPAD Gatot Soebroto. (mdk/ray)

Baca juga:
Positif Narkoba, Anggota Satpol PP Ditangkap usai Maki-maki Kasat Lantas Pelalawan
Niat Beli Ganja Malah Dapat Seledri, Tukang Ojek di Palembang Lapor Polisi
357 Kg sabu dan 206.638 Ekstasi Dimusnahkan Polda Aceh
Mahfud Ungkap 3 Masalah Besar Menghantui Indonesia: Korupsi, Terorisme dan Narkoba
Pakai Pelat Polisi Palsu untuk Pikat Wanita, Pemuda Bogor Terancam 6 Tahun Penjara

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami