BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan akibat Gempa di Pangandaran

BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan akibat Gempa di Pangandaran
Ilustrasi gempa bumi. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com
NEWS | 28 Januari 2022 18:45 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Kustiman memastikan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 yang pusatnya di perairan Kabupaten Pangandaran pada Kamis (27/1) malam tidak menyebabkan kerusakan. Gempa itu diketahui dirasakan di sejumlah wilayah di priangan timur Jawa Barat, termasuk Garut.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada Kamis sekitar pukul 23.03.06 WIB terjadi gempa bumi wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Dari analisis BMKG, gempa itu memiliki parameter dengan M 5,2. Pusat gempa terletak di koordinat 8,81 LS dan 108,09 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 130 kilometer arah selatan Pangandaran, dengan kedalaman 42 kilometer.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pangandaran, Cilacap, dan Kebumen, dengan skala intensitas III-IV MMI. Getaran juga dirasakan di Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis, dengan skala intensitas III MMI. Di Garut dan Priangan. Getaran juga terasa dengan skala intensitas II MMI.

2 dari 2 halaman

Tidak Membuat Panik

Kustiman mengatakan, hingga Jumat (28/1) sore, pihaknya tidak menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa itu. Namun diakuinya, warga Kabupaten Pangandaran merasakan getaran gempa tersebut, namun tidak sampai membuat panik.

"Memang getarannya cukup dirasakan oleh warga. Tapi kalau kata warga, getarannya seperti saat ada truk yang lewat sehingga tidak membuat panik," sebut Kustiman.

Ia menjelaskan bahwa gempa yang terjadi dipastikan tidak berpotensi tsunami dan tidak ada gempa susulan setelahnya. Namun, pihaknya bersiaga untuk mengantisipasi kemungkinan lainnya.

Kustiman juga mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan mengantisipasi adanya gempa susulan. Masyarakat diminta tidak panik dan tidak gampang memercayai info yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Mudah-mudahan tidak ada (susulan). Insyaallah Pangandaran aman," ujar dia.

Baca juga:
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pangandaran, Getaran Dirasakan Hingga Kebumen
Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Morowali Sulawesi Tengah
CEK FAKTA: Tidak Benar BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gempa di Selat Sunda
BMKG Catat Satu Gempa Susulan Usai Lombok Barat Diguncang Gempa 4,6 Magnitudo
Penjelasan BMKG Jenis Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Lombok Barat hingga Terasa ke Bali
Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Lombok Barat, Terasa hingga Bali

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami