BPCB Trowulan Mojokerto Imbau Warga Laporkan Temuan Situs Sejarah di Tol Malang

PERISTIWA » MALANG | 12 Maret 2019 08:31 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto dijadwalkan akan mengekskavasi (penggalian) situs bersejarah yang ditemukan di Jalur Tol Malang-Pandaan (Mapan). Ekskavasi untuk mendapatkan data tentang potensi cagar budaya dari temuan tersebut.

Kepala BPCB Trowulan, Andi Muhamad Said mengatakan, ekskavasi akan dilakukan selama lima hari, 12-16 Maret 2019. Pihaknya akan mengawali koordinasi dengan pihak terkait sebelum mengekskavasi di titik temuan di Desa Sekarpura, Kacamatan Pakis, Kabupaten Malang.

"Kami berusaha untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin. Sehingga dapat mengetahui potensi cagar budayanya serta untuk menentukan langkah pelestarian selanjutnya," kata Andi Muhamad Said dalam pesannya kepada wartawan, Senin (11/3).

Aneka benda cagar budaya ditemukan di lokasi pembangunan tol di Kabupaten Malang. Benda-benda tersebut meliputi struktur bangunan, guci, mata uang kuno, talam, tempat sirih dan anting-anting emas. Sebagian barang dijarah masyarakat yang melakukan perburuan di lokasi.

Andi mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan temuan barang-barang tersebut untuk kepentingan identifikasi. Termasuk penemuan batu mulia berupa anting emas.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang menemukan atau mengambil temuan agar segera melaporkannya," katanya.

Pihak BPCB akan memberikan imbalan tentunya melalui proses tertentu di antaranya penilaian barang-barang tersebut. Penemu diminta melaporkan dan menunjukkan lokasinya, sebagai bagian proses identifikasi.

"Iya boleh saja mas (permintaan imbalan), tapi harus melalui penilaian dan penemu harus bisa menunjukkan lokasi penemuannya secara pasti. Rencana besok (identifikasi penemuan) mas, saat ada kegiatan ekskavasi," jelasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Arkeolog Usul Situs Bersejarah Kawasan Tol Malang-Pandaan Diekskavasi Menyeluruh
Situs Purbakala Rusak Akibat Proyek Tol Malang, Ditemukan Uang Kono hingga Anting
Makam Kuno Kembali Ditemukan di Mesir, Berisi 50 Mumi
Presiden Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Revitalisasi Benteng Pendem
Ketum Minta DPD Golkar Sumut Perjuangkan Istana Sisingamangaraja Jadi Situs Nasional
Gereja Immanuel Malang, Bekas Gudang Beras yang Menjadi Simbol Keharmonisan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.