BPIP Tegaskan Ormas Bertentangan dengan Pancasila Jangan Diberi Izin

PERISTIWA » BANYUWANGI | 1 Desember 2019 07:04 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Hariyono kembali menegaskan organisasi masyarakat (ormas) yang bertentangan dengan Pancasila jangan diberikan izin dari kementerian.

"Kalau kami sendiri sangat setuju semua ormas yang tidak memposisikan Pancasila sebagai sebuah dasar negara atau berbeda atau bertolak belakang dengan Pancasila, pandangan hidup, dan dasar negara kita itu tidak diperbolehkan," ucap Hariyono di Banyuwangi, Jatim, seperti dilansir Antara, Minggu (1/12).

Menurut dia, jika ormas yang bertentangan dengan Pancasila itu diberikan izin maka persatuan bangsa Indonesia akan terganggu.

"Kalau diperbolehkan persatuan bangsa kita bisa terganggu, dan masa kita menunggu seperti (konflik) Suriah baru menerapkan peraturan perundang-undangan, juga ormas-ormas yang suka main hakim sendiri sehingga sering menimbulkan kegaduhan itu harus dibina lebih keras," tutur dia.

1 dari 1 halaman

Tak Tunjuk Satu Ormas

Namun atas hal itu, Hariyono tidak menunjuk satu ormas apa pun kaitannya dengan Pancasila tersebut.

"Intinya, kami sangat setuju kami tidak tunjuk ormasnya apa. Ormas apa pun yang kebetulan bertentangan dengan Pancasila atau mengancam eksistensi NKRI atau pun kebinekaan itu seyogyanya tidak diberikan izin," ujar Hariyono menegaskan. (mdk/eko)

Baca juga:
Anggota Komisi III Pertanyakan Tujuan SKB 11 Menteri Padahal Sudah Ada BPIP
BPIP Tanggapi Agnez Mo: Harusnya Bangga Jadi Orang Indonesia
DPR Dukung Penguatan BPIP Melalui Undang-undang
BPIP: Penyebaran Hoaks Lemahkan Nilai Pancasila
BPIP: Pancasila Harus Terus Ditanamkan Sebagai Ideologi Bangsa
BPIP: Banyak ASN Tak Suka Pancasila

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.