BPOM Belum Bisa Menilai Vaksin Asal Rusia yang Disebut WHO Aman dan Efektif

BPOM Belum Bisa Menilai Vaksin Asal Rusia yang Disebut WHO Aman dan Efektif
PERISTIWA | 23 September 2020 18:56 Reporter : Ikhwan

Merdeka.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebut Sputnik V, vaksin Covid-19 pertama yang terdaftar secara resmi buatan Rusia dinilai aman dan efektif. BPOM belum bisa memberikan penilaian atas vaksin tersebut.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kesehatan BPOM RI Mayagustina Andarini di Agam, Sumatera Barat, Rabu (23/9).

"Kemarin Presiden Putin (Rusia) mengatakan sudah ada, namun kita belum tahu ya, potensinya bagus atau tidak," kata Maya saat kegiatan Kampanye Cerdas Memilih Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Milenial di The Balcone Hotel, Kabupaten Agam, Rabu.

Saat ini belum ada satu pun obat yang secara menyeluruh dapat menyembuhkan seseorang yang terjangkit Covid-19. BPOM RI juga mengingatkan masyarakat agar tidak begitu saja termakan informasi yang menyebut obat tradisional dapat menyembuhkan diri dari virus Covid-19.

"Belum ada obatnya, belum juga ada vaksinnya, baru hanya sebatas penelitian. Meningkatkan daya imun tubuh itu yang lebih bagus. Kalau ada informasi di sosial media bisa sembuh Covid-19 karena obat tertentu, apalagi obat tradisional diabaikan saja. Saat ini yang terbaik adalah memelihara kesehatan," jelas Maya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi obat tradisional maupun suplemen yang dapat menyembuhkan Covid-19.

Dia mencontohkan, saat masa tahun 80an, obat tradisional tidak terlalu dipahami oleh masyarakat, dan belum memiliki izin edar. Pada 2014, baru disahkan melalui Undang-Undang Kesehatan dan berkembang hingga sekarang.

"Mereka jangan salah memilih obat tradisional, karena obat tradisional sekarang sudah cukup banyak sekali dan itu memang tidak bisa diawasi dalam rangka pembelian" kata Nasrul Abit saat di kegiatan tersebut.

Dia pun mengimbau agar masyarakat, terutama generasi milenial menerapkan protokol kesehatan, dan meningkatkan imun tubuh, ketimbang mempercayai informasi terkait obat-obat yang belum jelas keabsahannya.

"Anak-anak semua kita jangan jadi korban covid ini, sudah banyak bukti.Untuk itu tetap pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan mandi,” katanya.

Baca Selanjutnya: Vaksin Sputnik V Dipuji WHO...

Halaman

(mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami