BPPT Sebut Rumah Retak di Tangsel Tanda Awal Pergerakan Tanah

PERISTIWA | 22 November 2019 15:21 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memastikan kondisi rumah retak di RT14/03 Kota Tangerang Selatan, akibat pergerakan tanah. Pergerakan tersebut dipicu juga oleh kemarau panjang yang terjadi belakangan ini.

Kepala Bagian Program dan Anggaran Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana BPPT, Nur Hidayat menerangkan, rusaknya 6 Bangunan rumah yang ditandai dengan keretakan dinding dan lantai rumah merupakan indikasi adanya pergerakan tanah.

"Indikasi awal, keretakan rumah akibat pergeseran tanah," kata Nur Hidayat kepada wartawan, Jumat (22/11).

1 dari 2 halaman

Retak Tanda Tanah Bergeser

Menurut dia, kemarau panjang membuat kondisi tanah pada bangunan tersebut pecah. Selanjutnya, air hujan yang turun membuat jalan air tersebut mencari jalan dan tanah melakukan pemadatan sehingga tanah bergeser.

Selain itu, kata Nur, beban bangunan dan banyaknya tanaman pohon bambu di sekitar area rumah rusak juga mempengaruhi pergerakan tanah.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diminta Waspada Longsor

Dia meminta masyarakat juga mewaspadai gejala keretakan dinding dan lantai bangunan sebagai tanda awal dari adanya pergeseran tanah.

"Padahal ini sebenarnya indikasi memberikan warning kepada masyarakat, bahwa daerah ini bergerak. Apalagi masuk musim hujan setelah kemarau kemarin dari tanah yang terbuka akan banyak menimbulkan banyak pori-pori kemudian diisi air. Kalau ini sebagai jadi jalan air, itu bisa memicu longsor," tandasnya.

Sebelumnya, 6 rumah di Kampung Kranggan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan mengalami kerusakan dengan dinding dan lantai yang merenggang. (mdk/ray)

Baca juga:
Kades Minta Sosialisasikan Bahaya Longsor, 13 Early Warning Masih Berfungsi
Tanah Amblas di Dairi, Empat Keluarga Mengungsi
Bahaya Longsor Ancam Rumah Warga di Bantaran Kali Cijantung
Tewaskan Dua Pekerja, Polisi Periksa SOP Pekerjaan Rel Ganda Bogor-Sukabumi
Usai Dilanda Hujan Angin, Tiga Rumah Tertimbun Longsor di Gayo Lues