BPPTKG Yogyakarta sebut Hari Ini Merapi Muntahkan Awan Panas 1,5 Km: Terjauh di 2021

BPPTKG Yogyakarta sebut Hari Ini Merapi Muntahkan Awan Panas 1,5 Km: Terjauh di 2021
Lava Pijar Gunung Merapi. ©YouTube/Induk Frekom_86
NEWS | 16 Januari 2021 21:33 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Gunung Merapi mengeluarkan awanpanas guguran, Sabtu, (17/1) pukul 04.00 WIB. Awanpanas guguran ini memiliki jarak luncur sejauh 1,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso menerangkan selama 2021, Gunung Merapi telah mengeluarkan 7 kali awanpanas guguran. Dari 7 kali awanpanas guguran ini, jarak luncuran terjauh terjadi di Sabtu (16/1) pukul 04.00 WIB.

"Awan panas tadi pagi menjadi yang terjauh. Jarak luncurnya 1,5 kilometer dan tinggi kolom 500 meter," kata Agus.

Agus menilai walaupun menjadi awanpanas guguran dengan jarak terjauh, namun skala erupsi dinilai masih kecil. Alasan ini yang membuat BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi di level Siaga.

Agus mengungkapkan jika sejak 4 Januari 2021 lalu, Gunung Merapi dinyatakan BPPTKG Yogyakarta telah masuk ke fase erupsi. Agus menjabarkan jika hingga saat ini BPPTKG Yogyakarta masih merekomendasikan jarak bahaya ada diradius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Agus menambahkan saat ini BPPTKG merekomendasikan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Merapi dalam KRB III agar dihentikan.

Selain itu, sambung Agus, pelaku wisata diimbau tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Merapi. (mdk/ded)

Baca juga:
Gunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar
Gunung Merapi Erupsi, Muntahkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter
Belum Mengungsi, Warga Desa Sidorejo Klaten Lebih Takut Corona ketimbang Merapi
Telah Masuk Fase Erupsi, Ini 5 Potret Guguran Lava Merapi dari CCTV
BPPTKG Yogyakarta Sebut Kubah Lava Gunung Merapi Sudah Terbentuk

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami