Brigjen Prasetijo Tirukan Permintaan Anita: Tolong Dibuatkan, Bapak Mau Pakai

Brigjen Prasetijo Tirukan Permintaan Anita: Tolong Dibuatkan, Bapak Mau Pakai
PERISTIWA | 27 November 2020 20:35 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Ketiga terdakwa perkara surat jalan palsu yakni Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo, dan Anita Kolopaking. menjalani pemeriksaan silang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (27/11).

Dalam persidangan, Mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo mengatakan dirinya sempat diminta Anita Kolopaking untuk dibuatkan, surat Covid-19, kesehatan dan surat izin jalan untuk Djoko Tjandra. Yang ditugaskan sebagai Pengacara untuk Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

"Ibu WA saya, 'Pak Pras, saya minta tolong dong dibuatkan. Bapak mau pakai," ucap Prasetijo menirukan pesan singkat Anita.

Atas permintaan itu, Prasetijo mengaku bila dirinya langsung meneruskan pesan singkat dari Anita kepada bawahannya yaitu Kaur TU Ro Korwas PPNS Bareskrim Polri Dody Jaya dan Sekretaris Prasetijo, Eti Wahyuni.

"Pada saat itu juga saya forward, jadi saya tidak konfirmasi lagi, saya forward sama Dody dan Eti. WA-nya Bu Anita. Saya langsung forward tidak ada perintahnya," bebernya.

Kemudian setelah pesan yang diteruskan dari Prasetijo, Eti lantas sempat melayangkan pertanyaan kepada Prasetijo. Lalu dijawab, untuk Eti meminta berkoordinasi dengan bidang Pusdokkes.

"Saya bilang 'tolong koordinasikan dengan Dokkes untuk membuat surat keterangan Covid dan surat rekomendasi kesehatan'. Tapi orangnya tidak ada bagaimana ini, saya minta tolong begitu sama Bu Eti," jelasnya.

Setelah percakapan itu, Prasetijo mengaku tidak ada komunikasi lebih lanjut dan tak mengetahui kelanjutannya, termasuk komunikasi ke Dody Jaya. Namun setelah pada saat 18 Juni 2020, surat Covid-19, kesehatan, izin jalan sudah ada.

"Yang saya tahu tanggal 18 tiba-tiba surat itu sudah ada, saya nggak tahu," sebutnya.

Baca Selanjutnya: Anita Salah Tangkap Maksud Djoko...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami