Brimob Viral Buang Kucing ke Parit Diperiksa Propam Polri

Brimob Viral Buang Kucing ke Parit Diperiksa Propam Polri
Ilustrasi Polisi. ©2015 Merdeka.com
NEWS | 5 November 2020 15:55 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, Propam Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap anggota Brimob yang viral di sosial media lantaran membuang kucing ke parit.

"Kebetulan yang bersangkutan ada kegiatan BKO di daerah Ibu Kota, sehingga yang melakukan pemeriksaan di Korbrimob Polri. Kejadiannya sudah lama dan baru viral," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/11).

Menurut Awi, peristiwa itu terjadi di Polda Sumatera Utara pada 30 September 2020, sekitar pukul 16.30 Wib. Anggota tersebut berinisial Briptu SS dari Satbrimob Polda Sumatera Utara.

"Motif dari yang bersangkutan itu, tidak sengaja waktu makan sore, yang bersangkutan jaga, makanannya direbut kucing, sehingga yang bersangkutan kesal dan membawa kucing itu ke parit. Namun dia tidak sadar divideokan temannya," jelas dia.

Awi menegaskan, Polri menyesalkan peristiwa tidak terpuji itu. Hal tersebut melanggar Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 Pasal 11 terkait kepribadian.

"Tentunya akan kita tindak secara tegas," Awi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Viral Ibu Hamil Ditandu, Gubernur Banten Akui Jalan di Lebak Jelek-Jelek
Unggah Video Ibu Hamil Ditandu di Jalan Rusak, Warga Lebak Diamankan Polisi
Polisi Periksa Pelaku Rentetan Tembakan ke Ponpes Bekasi Viral di Medsos
Mengenal Mbah Saodah, Nenek Tua yang Tawarkan Makanan Kemarin ke Istri Kasad Andika
Viral Wanita Buat Bulu Mata Palsu dari Bulu Kaki, Hasilnya Mengejutkan
Kapok jadi Artis, Ade Londok Minta Maaf ke Malih dan Mau jadi Penjahit di Bandung

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, aksi anggota Brimob itu diunggah oleh akun Instagram @christian_joshuapale, akun tersebut membagikan sebuah video yang memperlihatkan aksi tak terpuji oknum polisi. Oknum polisi tersebut terlihat melempar kucing kecil yang ia bawa ke parit.

Video berdurasi 13 detik tersebut kini telah dilihat lebih dari 146 ribu kali dan mendapat beragam komentar dari netizen.

Setelah melakukan aksinya, oknum polisi itu tampak berjalan santai meninggalkan lokasi. Ia bahkan terlihat sempat tersenyum ke arah kamera.

Perekam video pun hanya terdengar tertawa melihat aksi rekannya itu. Ia hanya merekam aksi rekannya tanpa mencegah atau menasehatinya.

Dapat Kecaman Dari Netizen

Melihat unggahan tersebut, salah satu pengacara kondang di Indonesia, Sunan Kalijaga pun turut memberikan komentarnya. Ia pun menandai akun @divisihumaspolri dalam komentarnya.

"@divisihumaspolri OKNUM PELAKU DAN PEMBUAT VIDEO HARUS MENDAPATKAN SANGSI OLEH KESATUANNYA KARENA PERBUATANNYA YANG TIDAK PANTAS KEPADA MAHLUK CIPTAAN TUHAN YANG KECIL DAN LEMAH, MARI KITA DOAKAN OKNUM PELAKU MENDAPATKAN HIDAYAH," tulis @sunankalijaga_sh.

Para netizen yang melihat unggahan itu pun tampak geram. Banyak dari mereka yang beramai-ramai memburu identitas oknum tersebut.

"Fokus ke bajunya, dia anggota polri nama nya viro. S, yg bisa baca lambang pangkat coba dong dibacain itu pangkat nya apa , dan yg tau lokasi tempat tersebut mohon info nya," tulis akun @alda_hairunnisa.

"Kak cris aku sudah tanya salah satu anggota brimob . dan mrka tanya siapa yg prtama kali share vdio ini kak . biar di cari kak," sambung akun @finaasng.

"Dari emblem baju nya bisa dilacak tuh..depan nama sama kesatuan nya. Di lengan kiri dia dari detasemen mana. Semoga bisa kelacak," imbuh akun @ayudhiafaradina.

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami