BRIN Hasilkan Suplemen Kesehatan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi

BRIN Hasilkan Suplemen Kesehatan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi
Penanggung Jawab Bidang Kesehatan dan Pangan OR PPT BRIN Soni Solistia Wirawan. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 2 Desember 2021 01:28 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghasilkan suplemen kesehatan menggunakan beta glukan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh utamanya di masa pandemi COVID-19. Suplemen kesehatan yang mengandung beta glukan hasil fermentasi bahan alam kacang hijau dengan ragi hitam itu diberi nama Whole Beta, dan dapat berperan sebagai imunomodulator, serta menekan replikasi virus dan menurunkan peradangan.

"Ini bisa melawan infeksi yang disebabkan virus, jamur, bakteri, parasit dan toksin, ini juga untuk penyintas kanker bisa untuk pencegahan," kata Penanggung Jawab Bidang Kesehatan dan Pangan OR PPT BRIN Soni Solistia Wirawan dilansir Antara, Rabu (1/12).

Beta glukan merupakan polisakarida yang memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain membersihkan radikal bebas, anti-radiasi, mengatasi kolesterol dan mencegah hiperlipidemia, serta melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri, parasit dan toksin.

Kemampuan beta glukan ragi hitam dalam membantu meningkatkan sistem imun adalah dengan cara mengaktifkan Sel B (untuk memproduksi Immunoglobulin M dan Immunoglobulin G) dan sel T (yang memproduksi interleukin-1 dan interleukin-8).

Dalam mendukung sistem kerja imun, beta glukan juga mampu meningkatkan ekspresi sensor virus yang efektif untuk pencegahan virus influenza (H1N1) dengan menghambat replikasi virus.

Selain itu, beta glukan juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan gula darah, membantu proses regenerasi jaringan serta sebagai antioksidan dan anti-osteoporosis.

Keunggulan Whole Beta adalah larut dalam air sehingga mudah dalam penggunaan, merupakan produk alami dan tidak menggunakan bahan tambahan maupun pengawet kimia. Produk tersebut telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (mdk/ray)

Baca juga:
BRIN Siapkan 2 Organisasi Riset Kesehatan dan Pangan
BRIN Sebut Eijkman Fokus Tingkatkan Produktivitas Vaksin Merah Putih
BRIN: Ada Pergerakan Badai saat Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap
LPDP Catat 27.997 Orang Terima Beasiswa di 2021
BRIN: Koral Endemik Indonesia Perlu Dilindungi dari Dampak Pemanasan Global

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami