Bukan Persoalan Dipecat Partai, Caleg Gerindra Tanggung Jawab Suara Konstituen

PERISTIWA | 21 November 2019 22:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Mimpi Misriani Ilyas untuk melenggang ke DPR menjadi wakil rakyat pupus setelah dipecat Partai Gerindra. Padahal dia memenangkan suara di Pemilu 2019. Misriani tidak mempermasalahkan banyaknya uang yang digelontorkan untuk kampanye kemarin.

"Saya bukan masalah materinya, tapi masalah pertanggungjawaban saya ke konstituen karena waktu kita turun kemarin, kan kita sudah memberikan mereka harapan mudah-mudahan kehadiran kita di DPR kita mampu membawa aspirasi mereka," kata Misriani di PN Jaksel, Kamis, (21/11).

Misriani sangat sedih dan terbebani karena dipecat partainya tanpa alasan. Apalagi banyak konstituen yang sudah menitipkan segudang harapan kepadanya.

"Saya berharap partai (Gerindra) memperhatikan itu dan saya terpilih bukan karena diri saya, tapi karena begitu besar harapan masyarakat yang sudah menitipkan amanah itu," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Bukan Menang-Kalah

Menurut Misriani, masalah ini bukan persoalan menang atau kalah di pengadilan. Namun, ada komunikasi yang solutif dan adil dari DPP Gerindra supaya ia bisa kembali ditetapkan menjadi wakil rakyat.

"Saya harap partai memperhatikan dan saya diberikan kesempatan untuk memenuhi janji dan harapan yang sudah dititipkan masyarakat kepada saya melalui Partai Gerindra," ucapnya.

Untuk diketahui, sejumlah caleg mantan Partai Gerindra melayangkan gugatan terhadap DPP Partai Gerindra, Mulan Jameela Cs dan KPU ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Salah satunya Misriyani Ilyas yang posisinya tergeser oleh Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Adam Muhammad. Padahal suara Misriyani meraih suara lebih tinggi, yaitu 10.057 suara. Sedangkan Adam memperoleh suara 9.599 suara. Sementara Gerindra meraih suara 7.711 suara.

Nasib Misriani sama dengan caleg Partai Gerindra lainnya yang dipecat partai setelah menang Pemilu. Mereka adalah Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang digantikan Mulan Jameela dari Dapil Jabar XI, lalu Katherine A OE Dapil Kalbar I menggantikan Yusid Toyib. Kemudian, Yan Parmenas Mandenas dari Dapil Papua menggantikan Steven Abraham dan Sugiono Dapil Jateng I menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo. (mdk/noe)

Baca juga:
Gugatan Mantan Caleg Gerindra ke Mulan Jameela Cs Masuk Tahap Mediasi
VIDEO: Sidang Gugatan Caleg Gerindra, Dipecat Partai Setelah Lolos DPR
Sidang Gugatan Eks Caleg Gerindra Terhadap Sugiono Masuk Tahap Mediasi
Dipecat Gerindra Sehari Sebelum Dilantik, Caleg DPRD Sulsel Mengadu ke Prabowo
Ngaku Bakal di Komisi VII, Mulan Jameela Berkelit Ditanya Soal Mitra Kerja