Bumikan Pancasila ke Milenial, BPIP Gandeng KPK

Bumikan Pancasila ke Milenial, BPIP Gandeng KPK
PERISTIWA | 17 Februari 2020 19:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan BPIP untuk bekerjasama dalam mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila ke milenial.

"Sore ini BPIP datang ke KPK untuk melakukan kerjasama. Kerjasama itu kira-kira akan melakukan satu longterm itu yang namanya kependidikan. Untuk yang short term yaitu sosialisasi atau kampanye tentang pembumian Pancasila ke dalam kehidupan, terutama ke teman-teman milenial. Jadi ini yang paling terbaru hari ini," ujar Kepala BPIP Yudian Wahyudi di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/2).

Menurut Yudian, jalinan kerjasama antara BPIP dengan KPK akan ditindaklanjuti dengan pembuatan film pendek, musik, olahraga, hingga kuliner.

Menurut Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo, kerjasama yang dibangun dengan KPK dengan tujuan agar masyarakat bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dan hidup.

"Kerjasama ini kita ingin bagaimana hidup bersih, hidup jujur. Sembilan nilai (integritas) KPK itu juga bagian dari Pancasila. Kita sepakati nanti bagaimana generasi milenial itu kan generasi yang kreatif dan inovatif. Nantinya kita akan bikin sayembara film pendek yang mengarahkan pada kesadaran hidup jujur antikorupsi," kata Romo Benny di lokasi yang sama.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menyatakan kesiapannya menjalin kerjasama dengan BPIP. Menurutnya, kerjasama ini merupakan program jangka panjang yang bisa dilakukan.

"Jadi tadi kita sepakati bahwa nanti kita akan punya MoU menanamkan nilai untuk program jangka panjang. Karena KPK sekarang strateginya sudah lewat insersi (penyisipan), nanti dengan BPIP kita formulasikan seperti apa. Apa dia masuk di matakuliah atau mata pelajaran," kata Pahala.

Reporter: Fachrur Rozie (Liputan6.com) (mdk/did)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami