Buntut Kerusuhan Napi, Kalapas Hinai Dinonaktifkan

PERISTIWA | 17 Mei 2019 14:43 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Sumut, Dewa Putu Gede, menonaktifkan Bachtiar Sitepu dari posisi Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Narkotika Langkat di Hinai, Langkat, Sumut. Kebijakan itu diambil menyusul kerusuhan yang terjadi di penjara itu, Kamis (16/5).

Penonaktifan Bachtiar sebagai bagian upaya evaluasi yang dilakukan pihak Kanwil Kemenkum HAM Sumut. "Langkah pertama, kalapas kita nonaktifkan bersama kasubsi keamanan," ujar Dewa Putu Gede, Jumat (17/5).

Selanjutnya, Dewa Putu Gede akan melakukan pemetaan dan mendalami pemicu kerusuhan. Dia akan memanggil pegawai dan narapidana yang diduga terlibat.

Dewa Putu Gede berjanji semua dilakukan dengan komprehensif. "Tidak boleh gegabah," ujarnya.

Pencopotan Kalapas menjadi salah satu poin yang dituntut napi dan tahanan saat kerusuhan terjadi. Dia berulang kali disebutkan dalam 20-an tuntutan penghuni Lapas. Istrinya juga masuk dalam tuntutan itu.

Kalapas Bachtiar Sitepu sendiri dinyatakan tengah cuti dan masih berada di Yerussalem. Dia dikabarkan akan tiba Minggu (19/5).

Kakanwil juga tengah menindaklanjuti keluhan napi seperti pungutan liar dan tindakan merugikan lainnya. "Tentang pungli, remisi, pembebasan bersyarat hingga justice collabolator, kami akan evaluasi. Saya tadi ke dalam, mendata siapa pegawai yang memprovokasi (mereka) harus membayar, kami akan cek," ujar Dewa Putu Gede.

Seperti diberitakan, kerusuhan terjadi di Lapas Narkotika Kelas III Hinai, Langkat, Sumut, Kamis (16/5) siang. Napi dan tahanan mengamuk dan merusak fasilitas serta kendaraan di Lapas karena emosi melihat rekan mereka disiksa sipir.

Kaca-kaca di Lapas berpecahan. Sebagian besar napi dan tahanan memilih tak melarikan diri. Mereka hanya mengejar pegawai Lapas yang menganiaya rekannya. Sebagian memilih beraktivitas di luar Lapas, seperti membeli sate, sebelum akhirnya berhasil dibujuk masuk kembali ke dalam Lapas. Mereka dimediasi dan diberi kesempatan menyampaikan tuntutannya kepada pejabat Kemenkum HAM Sumut yang datang ke lokasi.

Baca juga:
Kemenkum HAM Proses 20 Tuntutan Napi Lapas Hinai Langkat
Kalapas Hinai Langkat Berada di Bethlehem saat Kerusuhan Terjadi
Yang Tersisa dari Kerusuhan di Lapas Narkotika Langkat
103 Napi Kabur dari Lapas Hinai Langkat Tertangkap
Dirjen Pas Sebut Lapas Hinai Langkat Telah Kondusif
Penangkapan Napi Bawa Sabu Diduga Pemicu Kerusuhan di Lapas Hinai Langkat

(mdk/rhm)