Bupati Anas Berbagi Pengalaman Hadapi Tantangan Pandemi Kepada Mahasiswa

Bupati Anas Berbagi Pengalaman Hadapi Tantangan Pandemi Kepada Mahasiswa
PERISTIWA » BANYUWANGI | 28 September 2020 18:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berbagi tips dan trik kepada mahasiswa selama menghadapi kebiasaan baru di masa pandemi Corona (Covid-19). Pengalaman tersebut disampaikan Anas saat menjadi narasumber kegiatan Dies Natalis ke 1 Universitas Dian Nusantara (Undira), Senin (28/9).

Dies Natalis dengan tema 'Indonesia Maju dalam Budaya Baru' tersebut digelar secara daring.

"Banyak hal baru yang kita temui di masa pandemi ini. Termasuk perjumpaan di webinar menjadi budaya baru di Indonesia Baru," ujar Anas.

Anas menyebut Indonesia baru harus dibangun bersama. Kampus termasuk salah satu lembaga yang strategis yang bisa menjadi salah satu penggerak perubahan tersebut.

"Kampus harus berkolaborasi dengan pemerintah. Kampus juga harus punya isu strategis pasca Covid-19 sehingga bisa membuat terobosan-terobosan di tengah berbagai keterbatasan," ujarnya.

Banyuwangi mulanya juga punya keterbatasan, sehingga dalam mengatasinya harus dibuat berbagai inovasi. Ketika menghadapi Covid-19, Banyuwangi sangat terbantu dengan instrumen teknologi yang sudah kami miliki jauh sebelumnya, yakni lewat program smart kampung.

"Seluruh desa di Banyuwangi telah terkoneksi dengan fiber optik dan layanan yang mereka butuhkan pun bisa langsung diselesaikan di kantor desa tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor kabupaten," terangnya

Selain itu, kebijakan penanganan pandemi perlu disampaikan berulangkali hingga ke lapis bawah melalui tokoh masyarakat dan agama.

"Karena itu kami juga selalu melibatkan para pemimpin agama seperti kyai, pendeta, romo untuk meneruskan kebijakan tersebut. Dan ini terbukti efektif," ujarnya.

Selain Anas, virtual meeting ini juga menghadirkan beberapa pembicara lainnya. Antara lain Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Herliani Tanoesoedibjo dan Anggota Komisi X DPR RI, Illiza.

Sementara itu, Rektor Undira, Profesor Suharyadi mengaku senang bisa sharing dengan beberapa tokoh yang menginspirasi. Dia berharap, ide, inovasi dan berbagai hal positif yang dibuat para tokoh tersebut, akan bisa diserap oleh mahasiswa dan para pengajar di Undira.

"Sebagai rektor saya sangat senang bisa menggelar perayaan Dies Natalis yang ke 1 kampus kami, meski di tengah pandemi dan harus dilakukan secara online. Tapi saya sangat bersyukur, 350 mahasiswa dan civitas akademika kami bisa turut sharing dengan tokoh-tokoh hebat dalam webinar ini," ujarnya.

Reporter:Mohammad Ulil Albab (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami