Bupati Jayapura Curhat ke Jokowi, Jalan Kemiri-Depapre Dibangun Tahun Ini

Bupati Jayapura Curhat ke Jokowi, Jalan Kemiri-Depapre Dibangun Tahun Ini
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. ©2022 Merdeka.com/Richard Jackson Mayor
NEWS | 25 Mei 2022 10:12 Reporter : Richard Jakson Mayor

Merdeka.com - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memanfaatkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menanyakan rencana pembangunan Jalan Kemiri-Depapre. Upayanya membuahkan hasil, karena instansi terkait langsung turun tangan membahas pembangunan jalan ke pelabuhan itu.

Mathius bercerita, masalah Jalan Kemiri-Depapre itu disampaikannya saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/5). Pertemuan itu juga dihadiri tiga Pokja Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

"Ya, itu waktu kita keluar makan dan berdiri di luar, saya langsung bicara dengan Pak Presiden. 'Bapak Presiden, itu jalan ke pelabuhan yang kemarin (pernah) Pak Presiden kunjungi, itu jalannya sampai sekarang belum dikerjakan. Padahal, jalan itu sangat penting, seperti yang Pak Presiden perintahkan waktu kunjungan ke Pelabuhan Peti Kemas Depapre'," ujar Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Rabu (25/5).

2 dari 2 halaman

KSP dan Kementerian Langsung Turun Tangan

Mathius bercerita, Presiden Jokowi langsung memanggil ajudannya untuk mencatat laporan itu. "Jadi, Pak Presiden langsung panggil ajudannya, catat itu cepat dan selesaikan," kisahnya.

Kantor Staf Presiden (KSP) kemudian melakukan rapat dengan Kementerian dan Balai Besar Jalan Papua guna progres pekerjaan jalan di tahun ini. "Kemarin, Kantor Staf Presiden bikin rapat dengan Kementerian dan Balai Jalan, itu langsung jalan. Jadi, kita berharap di tahun ini harus selesai dikerjakan dan tinggal hanya ini saja di provinsi," tuturnya.

Dia memaparkan, jalan lebar yang akan dibangun kualitasnya seperti di kota-kota besar. Pemerintah provinsi bertanggung jawab membebaskan lahan.

"Pemerintah siap kerjakan, karena itu perintah pak Presiden yang diteruskan langsung ke kementerian terkait," pungkasnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Kondisi Terkini Terowongan MRT Bundaran HI-Monas
Supermarket Bangunan Pertama di RI Sebar Dividen Rp35 Miliar & Rombak Jajaran Direksi
Perkembangan Transportasi dan Infrastruktur Dukung Suksesnya Mudik 2022
Tekan Disparitas Harga, Pembangunan Infrastruktur Transportasi Tak Lagi Jawa Sentris
Luhut Bantah Pembangunan Ibu Kota Baru Minim Pendanaan
Makassar New Port dan Tol Akses Diperkirakan Rampung Pertengahan 2023

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami