Bupati Serang akan Fasilitasi Pemulangan Warganya dari Papua

PERISTIWA | 1 Oktober 2019 22:10 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan akan membantu pemulangan warga Serang yang berada di Papua. Mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman lantaran tidak memiliki biaya dan ongkos pesawat.

"Ibu minta bantu jalur TNI untuk pemulangan. Untuk biaya, Ibu siap menanggung semua," kata Tatu, Selasa (1/10).

Tatu menyampaikan pihaknya pernah berpengalaman dalam menangani kasus korban trafficking pada 2018 silam. Korban penjualan manusia asal Kabupaten Serang tersebut berhasil diselamatkan berkat kerja sama dengan TNI.

"Ibu akan minta tolong melalui Pak Dandim, untuk kemudian bisa berkoordinasi melalui jalur TNI hingga ke Papua. Kami pernah berhasil memulangkan warga yang sempat menjadi korban trafficking bersama TNI," ujarnya.

Dirinya pun telah mendapat informasi terkait kondisi dan situasi di Wamena dan beberapa daerah di Provinsi Papua terutama kondisi pelayanan pemerintahan yang lumpuh.

"Kami akan melakukan upaya apa pun. Jika sudah terkoordinasi, untuk biaya pemulangan, insya Allah ibu siap. Bismillah, semoga kita bisa memulangkan seluruh warga yang ingin pulang, terutama warga Kabupaten Serang," ujarnya.

Baca juga:
Ketua DPRD Desak Gubernur Banten Bantu Pemulangan Warga dari Papua
Cerita Penyanderaan 300 Orang saat Kerusuhan di Wamena
Jamin Keamanan, Kapolda Papua Minta Para Pengungsi Kembali ke Wamena
Polwan Hilangkan Trauma Anak Korban Kerusuhan Wamena
Tersangka Kerusuhan Wamena Bertambah Jadi 7 Orang
Tak Punya Ongkos, Belasan Warga Banten Korban Kerusuhan Wamena Minta Dipulangkan

(mdk/ded)