Bupati Tangerang Akan Menaikkan Tipe RS untuk Rawat Pasien Covid-19

Bupati Tangerang Akan Menaikkan Tipe RS untuk Rawat Pasien Covid-19
Ruang isolasi Covid-19 di Stadion Patriot. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
PERISTIWA | 23 Januari 2021 11:43 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar sedang berusaha untuk menaikkan tipe beberapa rumah sakit melalui penambahan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM).

"Dalam menaikkan tipe RS, tantangannya adalah penyediaan SDM karena SDM sangat terbatas, tapi dengan adanya relaksasi aturan nakes bisa menjadi solusi terbatasnya SDM di bidang kesehatan," ungkap Ahmed Zaki dalam Dialog Produktif KCP PEN, Jumat (22/1)

Zaki menjelaskan, kondisi pasien Covid-19 di Kabupaten Tangerang tergolong tinggi. Pada hari Jumat kemarin, total kasus positif di Kab Tangerang ada 6.085 orang. 5.672 dinyatakan sembuh dan masih 329 masyarakat yang dirawat.

"Dari jumlah total yang positif, ada 134 meninggal atau sekitar 2,2 persen," kata dia.

"Saat ini keterisian kamar khusus Covid-19 tinggi. Begitu juga dengan ICU, walaupun sudah ada penambahan namun rasio keterisiannya sangat tinggi," lanjut dia

Untuk itu, dia mengambil beberapa langkah penanganan. Dia mengatakan, dalam satu minggu terakhir ini, dirinya beserta Kepala dinas kesehatan dan Sekretaris Daerah mendatangi semua rumah sakit di Tangerang terkait penambahan tempat tidur dan ICU sesuai aturan Kemenkes.

"Kapasitas tempat tidur setiap bulan kami perbarui dengan tiga rumah sakit umum Kabupaten Tangerang dan 23 rumah sakit swasta. Di Februari nanti akan ada penambahan sekitar 150 tempat tidur dan 12 ICU," jelasnya.

Apabila di bulan Februari masih tinggi, Pemkab Tangerang sedang mempersiapkan alternatif berikutnya, yaitu membuka kembali salah satu rumah singgah yang dulu pernah dioperasikan dengan kapasitas 120 pasien. (mdk/bal)

Baca juga:
Depok Berencana Bikin RS Khusus Ibu Hamil dan Melahirkan yang Positif Corona
Kemenkes Minta RS Konversi 40 Persen Layanan untuk Penanganan Covid-19
Keterisian RS Rujukan Covid-19 Tangerang Lebih dari 90 Persen
RS Darurat Covid-19 TNI AD Siap Dibangun di Benteng Vastenburg Solo
1.245 Kamar di Seluruh Asrama Haji Siap Tampung Pasien Covid-19
Keterpakaian Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Paling Tinggi se-Pulau Jawa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami