Buru Harimau Pemangsa Hewan Ternak Warga, BKSDA Jambi Pasang Kamera Pengintai

Buru Harimau Pemangsa Hewan Ternak Warga, BKSDA Jambi Pasang Kamera Pengintai
Hoaks Foto Harimau di Kebun Sawit Warga Siak. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 26 Maret 2022 00:01 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi memasang camera trap atau kamera yang dikendalikan dari jarak jauh dengan sensor infra merah untuk menangkap seekor harimau Sumatera (Phantera tigris Sumatrae) yang berkeliaran dan telah memangsa beberapa ekor sapi ternak milik warga di Kabupaten Batanghari.

"Untuk memastikan keberadaan harimau tersebut dipasang 'camera trap' dan yang pasti di lokasi terakhir di mana ditemukannya jejak kaki harimau tersebut dan hewan ternak sapi yang sempat dimangsa oleh binatang buas tersebut," kata Kepala BKSDA Jambi, Rachmad Saleh di Jambi, Jumat (25/3).

Pemasangan kamera tersebut dimaksudkan untuk mengetahui pasti apakah benar ada harimau dan BKSDA juga bisa melacak ke arah mana satwa itu saat ini berada, sehingga bisa diamankan dengan memasang perangkap nantinya.

Sampai saat ini pihak BKSDA Jambi belum bisa mendapatkan data terbaru dimana keberadaan harimau tersebut dan informasi di lapangan terakhir bahwa posisi hewan sapi yang dimangsa masih berada di tempat sebelumnya atau tidak berubah dari lokasi awal ditemukannya sapi yang sudah dimakan harimau itu.

"Saya masih menunggu informasi lanjut dari anggota di lapangan," ujar Rachman seperti dilansir dari Antara.

Sebelumnya pada Kamis (24/3) seekor sapi milik warga Mekar Sari Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari mati diterkam harimau, teror harimau kembali lagi terjadi di Kabupaten Batanghari setelah beberapa hari sebelumnya warga hanya menemukan jejak kaki harimau tersebut.

Sapi milik M Anas ditemukan mati dengan bagian belakang luka, serta terlihat ada bekas gigitan pada bagian leher karena diterkam harimau.

"Saya bersama bapak saya ke kebun sekaligus memantau hewan ternak yang berada di kebun dan saat hendak memeriksa hewan ternak pada pagi itu, sapi yang berjumlah enam ekor sudah berhamburan dari titik lokasi sapi yang diikatnya dan sapi tersebut ditemukan pada pukul 06.00 WIB bertempat di perkebunan karet milik Anas.

Baca juga:
Viral Foto Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit Siak, BKSDA Riau Tegaskan Hoaks
BBKSDA Pasang Kamera Trap Cari Harimau Pemangsa Pekerja di Riau
Sedang Panen Sawit, Warga Aceh Selatan Diterkam Harimau
Warga Riau Tewas Mengenaskan, Diduga Diterkam Harimau Sumatera
Tiga Ekor Anak Harimau Sumatra Lahir di Paluta, Begini Penampakannya
Populasi Bertambah, Tiga Ekor Anak Harimau Sumatera Lahir di Padang Lawas Utara

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami