Cak Imin minta Gus Ipul dan Azwar Anas tak lupakan kaum disabilitas

PERISTIWA | 6 November 2017 04:02 Reporter : Masfiatur Rochma

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas memperhatikan hak kaum disabilitas.

Cak Imin mengingatkan, fasilitas publik khusus kaum disabilitas hingga memberikan satu persen lapangan kerja harus menjadi salah satu prioritas pasangan yang didukung PKB dan PDIP itu jika menang dalam Pilgub 2018 mendatang.

"Setelah pemilihan dan menjadi gubernur, komitmen (Gus Ipul dan Azwar Anas) nantinya harus memberikan hak disabilitas," kata Cak Imin saat menghadiri acara Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Surabaya, Minggu (5/11).

Menurut Menakertrans ini, pengawasan terhadap kaum disabilitas itu langsung dari kementerian. Hal itu sesuai dengan aturan Undang-undang Nomor 8 tahun 2016.

"Nantinya yang melakukan pengawasan langsung di bawah Kementerian Sosial dan Kementerian Tenaga Kerja," katanya.

Cak Imin mengatakan, keduanya harus meniru jejak Presiden ke-IV Abdurrahman Wahid atau disapa Cak Imin. Menurut dia, meski menyandang disabilitas, mampu bersaing dan sejajar dengan siapa pun.

"Selama berkeliling, orang yang tidak suka dengan Gus Dur itu marah. Dengan mengatakan Gus Dur ini presiden apaan, berwisata terus menghabiskan uang negara," kata Cak Imin.

Baca juga:

Ini alasan Jangkar dukung Cak Imin jadi Capres 2019

Jangkar deklarasikan dukung Cak Imin jadi Capres 2019

Soal deklarasi Cak Imin-AHY, ini kata Ibas Yudhoyono

Cak Imin sebut banyak pasal karet di UU Ormas, harus segera direvisi

PKB akan uji elektabilitas Ruzhanul Ulum di Jabar

Soal Pilpres 2019, Cak Imin tunggu masukan dari kiai

Tanpa persetujuan parpol, Pro One deklarasi dukung Cak Imin-AHY di Pilpres 2019

(mdk/gil)