Calon Penumpang Pesawat Kini Bisa Tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo

Calon Penumpang Pesawat Kini Bisa Tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo
Tes GeNose di Bandara Solo. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 29 April 2021 11:16 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Calon penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo bisa memanfaatkan layanan tes GeNose untuk deteksi Covid-19, Kamis (29/4). Layanan tes GeNose dilayani mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB di area parkir sepeda motor.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Yani Ajat Hermawan mengatakan, fasilitas tes GeNose bagi calon penumpang pesawat melengkapi pilihan tes Covid-19 di Bandara. Layanan yang sudah ada sebelumnya adalah tes rapid antigen.

"Jadi tes GeNose ini untuk melengkapi. Kemarin sudah kita simulasikan dengan stakeholder. Sebelumnya juga sudah uji coba juga oleh karyawan internal," ujar Yani, Kamis (29/4).

Yani mengatakan, sudah selayaknya masyarakat bangga menggunakan alat buatan bangsa sendiri. Menurut Yani, calon penumpang akan dikenakan biaya Rp 40 ribu untuk sekali tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo. Proses tes GeNose dari pendaftaran hingga keluar hasilnya memakan waktu sekitar 20 menit.

"Hanya 20 menit saja calon penumpang sudah bisa mendapatkan hasil negatif ataupun positif Covid-19," katanya.

Untuk para calon penumpang harus menunjukkan tiket pesawat dan KTP sebagai syarat utama. Ke depan tes GeNose dimungkinkan bisa diakses untuk masyarakat umum.

"Sementara ini masih terbatas karena peralatnnya juga masih terbatas," terangnya.

Yani menambahkan, Bandara Adi Soemarmo menyediakan tiga alat GeNose, di mana satu alat mampu menangani 60 penumpang per hari.

"Satu alat dalam satu periode mampu menangani 60 penumpang. Total ada tiga, memiliki kemampuan tiga jam. Dalam satu jam mampu menangani 20 orang per alat," tutup Yani. (mdk/cob)

Baca juga:
Menhub Budi: GeNose Sudah Diterapkan di 21 Bandara dan 44 Stasiun
Dishub DKI: Pelaku Perjalanan dengan Bus Tak Wajib Tes Covid-19 saat Masa Pengetatan
Bandara Adi Soemarmo Solo Terapkan Tes GeNose Mulai 29 April
Deteksi Covid-19, Terminal Rajabasa Gunakan GeNose
Bandara H.AS. Hanandjoeddin Belitung Mulai Deteksi Penumpang pakai GeNose C19
Peneliti UGM Nilai GeNose Tetap Bisa Digunakan Masyarakat yang Berpuasa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami