Campur Miras dengan Obat Batuk, 2 Warga Tasikmalaya Tewas dan 6 Dirawat

PERISTIWA | 22 Agustus 2019 23:00 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Enam warga Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya dirawat di puskesmas usai meminum minuman keras (miras) oplosan. Satu di antaranya kritis dan sisanya harus mendapatkan perawatan intensif. Selain itu, dua orang tewas akibat miras oplosan tersebut.

Kapolsek Bojonggambir Iptu Atang Bekarna menuturkan, delapan warga dibawa ke puskesmas Rabu (21/8). Dua korban meninggal di hari yang sama.

"Satu orang pemuda dilaporkan dalam kondisi kritis dan dirujuk ke Rumah Sakit Rancamaya, Kabupaten Tasikmalaya. Dan ada juga yang masih dirawat di Puskesmas Bojonggambir," ujarnya, Kamis (22/8).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para korban kesakitan usai pesta miras. Mereka mengaku pusing, mual, muntah, hingga tidak sadarkan diri.

"Anggota sudah olah TKP dan mengamankan beberapa botol bekas miras di sekitar lokasi," katanya.

Kedua korban meninggal dimakamkan di TPU Bojonggambir. Sementara Santo Rahman (48) salah seorang warga menyebut bahwa, anaknya yang masih berusia 25 tahun turut menjadi korban.

"Selama ini anak saya dikenal baik, tapi tiba-tiba dapat kabar meninggal dunia akibat miras oplosan setelah minum bersama pemuda lainnya," ungkapnya.

Santo menduga, para korban menenggak miras yang dibeli di warung. Kemudian mengoplos dengan alkohol murni dan obat batuk.

"Saya berharap penjualnya bisa segera ditangkap dan dihukum berat. Anak saya meninggal dunia karena dia," bebernya.

Warga lainnya, Cucu (60) menyebut bahwa para pemuda menggelar pesta miras di salah satu lahan kosong. Usai minum-minum, satu persatu muntah dan kemudian dibawa keluarga ke puskesmas.

"Setahu saya mereka ini pesan miras oplosannya online. Setelah datang dicampur obat batuk cair dan alkohol 70 persen," ujarnya.

Baca juga:
Gerebek Sebuah Ruko di Yogyakarta, Polisi Amankan 2690 Botol Miras Ilegal
Kelabui Petugas, AS Masukan Miras Oplosan Dalam Ratusan Botol Air Mineral
Polisi Gerebek Rumah Produksi Miras Oplosan di Sleman, Satu Pelaku Ditangkap
Ribuan Botol Miras Buat Pesta Malam Takbiran Disita Polres Purwakarta
Campur Ciu dengan Minuman Energi, 2 Orang di Indramayu Tewas
2 Penjual Ciu di Yogya Ditangkap usai 6 Orang Tewas Gara-Gara Miras Oplosan

(mdk/cob)