Cantiknya Iriana Jokowi 5 Tahun Lalu dan Sekarang Saat Pelantikan Presiden

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 17:40 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Ibu Negara Iriana Jokowi menarik perhatian publik saat menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR. Di momen bersejarah ini Iriana yang mendampingi sang suami Presiden Jokowi tampil cantik dan ayu.

Saat menghadiri pelantikan sang suami lima tahun silam, Iriana Jokowi hadir dengan kebaya berwarna cerah yang membuat dia semakin manis dan cantik. Saat pelantikan hari ini, Minggu 20 Oktober 2019, Iriana juga menjadi perhatian publik karena tampil sederhana namun tetap cantik dan anggun.

Berikut ini cantiknya Iriana Jokowi saat pelantikan presiden lima tahun yang lalu dan sekarang:

1 dari 4 halaman

Tampil Ayu dengan Kebaya Orange Warna Orange

Saat pelantikan Presiden Jokowi lima tahun lalu, tepatnya 20 Oktober 2014, Iriana tampil cantik dan ayu dengan balutan kebaya berwarna orange yang dipadukan dengan kain berwarna cokelat.

Iriana semakin anggun dengan sanggul dan selendang yang senada dengan kebayanya berwarna orange.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Model Kebaya Kutubaru

Kebaya yang digunakan Iriana Jokowi berjenis kebaya Kutubaru. Kebaya kutubaru yang dikenakan Iriana merupakan identitas asli busana nasional.

Kebaya kutubaru yang dikenakan ibu negara bermotif bunga-bunga, menambah kesan manis dan warna yang dipilih membuat Iriana tampak lebih berseri-seri.

3 dari 4 halaman

Anggun dengan Baju Warna Putih

Berbeda dengan pelantikan lima tahun lalu yang menggunakan kebaya berwarna cerah, kali ini Iriana memilih baju kurung putih dan kain bewarna cokelat senada dengan selendang yang digunakannya.

Meski berwarna putih, baju kurung Iriana kaya akan detail bunga-bunga dan beads di bagian dada dan juga tangannya. Ibu Iriana tampil ayu dan keibuan dengan sanggul yang semi klasik. Sebagai pelengkapnya, dia memakai kalung mutiara putih dan anting berwarna putih.

4 dari 4 halaman

Makna Batik Tambal Pamiluto

Ibu Iriana Jokowi terlihat mengenakan kain batik bermotif tambal pamiluti yang memiliki makna dan filisofi mendalam. Menurut Diana Santosa dari Yayasan Batik Indonesia, motif batik asal Magkunegaran, Surakarta itu memiliki makna "memikat", dan merupakan penyatuan dari motif batik lainnya menjadi satu.

"Jadi batik motif 'tambal pamiluto' ini maknanya cukup bagus. Karena dasarnya motif ini menyatukan berbagai macam motif di dalam satu motif ragam hias," kata Diana saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.

"Jadi seakan beliau ingin menunjukkan keberagaman yang dihadirkan dan dijadikan satu melalui motif ini, dan sangat cantik ketika dilihat," lanjutnya.

Diana menambahkan, corak tambal pamiluto ini menggabungkan motif lainnya seperti motif batik parang dan lainnya. Dia menilai, Iriana Jokowi memiliki pilihan yang bagus untuk menunjukkan keberagaman melalui kain batiknya.

"Motif tambal itu bermacam-macam. Dipadukan dengan kebaya putih, beliau juga terlihat bersih dan gagah, serta batiknya pun sangat menonjol dan bagaimana seorang pemimpin dapat merajut keberagaman sangat terlihat," ujarnya. (mdk/dan)

Baca juga:
Relawan Jokowi-Ma'ruf Gelar Nonton Bareng Pelantikan Presiden
Megawati dan SBY Datang Beriringan Tapi Tak Foto Bersama
Ngaku Presiden Tapi Belum Dilantik, Pria Asal Lamongan Diamankan di Depan Gedung DPR
Tamu-tamu yang Hadir di Pelantikan Presiden
Ketua MPR Pimpin Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Pidato Lengkap Jokowi di Pelantikan Presiden Periode Kedua