Capaian Rendah, Pemkab Tangerang Akui Kesulitan Memvaksinasi Lansia

Capaian Rendah, Pemkab Tangerang Akui Kesulitan Memvaksinasi Lansia
Vaksinasi Covid-19 di Penjaringan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
NEWS | 5 Oktober 2021 13:44 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Tangerang, mengakui capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya masih sangat rendah dari rata-rata capaian vaksinasi daerah lain seperti Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Sampai saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang, di bawah 50 persen atau sebanyak 1,2 juta jiwa.

"Jadi memang kita secara persentase di bawah 50 persen. Secara jumlah sebenarnya tidak. Karena jumlah kita besar, jadi pembagi persentase kita kecil," kata Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi dikonfirmasi, Selasa (5/10).

Hendra menerangkan, capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Tangerang, saat ini baru mencapai 1,2 juta penduduk dari 29 wilayah kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

"Saat ini 1,2 juta, sekitar 50,7 persen dari sebelumnya hanya sekitar 40 persen yaitu 700 ribuan penerima vaksin," jelas dia.

Dia mengaku, selama program vaksinasi Covid-19 ini berjalan, capaian terendah adalah kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) yang sampai saat ini baru mencapai 27 persen atau sebanyak 38 ribu jiwa dari total target 138 ribu Lansia yang harusnya menerima vaksin Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

"Kita memang sedang berusaha mengejar target mencapai sasaran lansia supaya mau divaksin. Termasuk mengunjungi para Lansia ke rumah-rumah," jelasnya.

Selain hal itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, juga mengakui rendahnya jatah kuota vaksinasi bagi wilayah Kabupaten Tangerang, menjadi faktor yang turut mempengaruhi capaian vaksinasi di wilayah tersebut. Sebab, Kabupaten Tangerang, menerima jatah yang sama dengan wilayah kota Tangerang dan Tangerang Selatan, yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dibanding Kabupaten Tangerang.

"Kendala dari awal jatah vaksin sama dengan daerah yang jumlah penduduknya lebih sedikit. Jadi pas mulai itu sudah tertinggal dibanding kota Tangerang, dan Tangsel. Karena mereka jumlah penduduk sedikit," ucap Hendra.

Selain hal itu, dia mengakui banyaknya warga Kabupaten Tangerang, yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di luar wilayah kabupaten. Dengan perkiraan jumlah warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi di luar kabupaten Tangerang, sebanyak 200 ribu jiwa.

"Kendala selanjutnya ternyata banyak juga yang sudah vaksin di luar, kurang lebih 200 ribuan warga kabupaten yang disuntik diluar. Secara ril kita seharusnya sudah hampir 1,5 juta jiwa," jelasnya.

Hendra mengaku, sampai saat ini sentra layanan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, terus berjalan di 44 Puskesmas dan 22 RS yang ada di wilayah tersebut.

"Kita juga melakukan jemput bola, dengan mendatangi masyarakat di tingkat RT dan RW dibantu bersama TNI dan Polri," ucapnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Tingkat Vaksinasi Covid-19, Indonesia Urutan Kelima Terbanyak di Dunia
Tutup Vaksinasi Merdeka Aglomerasi, Kapolda Metro Sebut Tuntas dengan Biaya Efisien
Antisipasi Covid-19, Pemkab Pamekasan Lakukan Ini pada Suporter Madura United FC
Kejar Herd Community, Pemprov Sumsel Berharap Pasokan Vaksin dari Pusat
Tak Paksa Warga yang Menolak Vaksinasi, Gibran Mengaku Bakal Beri Edukasi
Gerai Mulai Sepi, Pemkot Bekasi Gencarkan Vaksinasi Door to Door

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami