Capres Timor Leste meninggal dunia

Capres Timor Leste meninggal dunia
Xavier do Amaral (kiri) bersama Xanana Gusmao
NEWS | 7 Maret 2012 09:41 Reporter : Hery H Winarno

Merdeka.com - Presiden pertama Timor Leste Francisco Xavier do Amaral meninggal pada Selasa (6/3) kemarin. Xavier meninggal setelah pertempuran panjang melawan sakit kankernya yang lama menggerogotinya.

Xavier meninggal dalam usia 74 tahun setelah 24 tahun hidupnya dihabiskan untuk upaya kemerdekaan Timor Leste dari NKRI. Xavier meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Dili, Timor Leste.

Xavier merupakan salah satu calon presiden Timor pada pemilu yang akan dilangsungkan 17 Maret mendatang.

"Bangsa ini berduka karena kehilangan Xavier. Dia presiden partai kita pertama dan presiden pertama republik kita ini," kata juru bicara kepresidenan seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/3).

Pemilu 17 maret mendatang merupakan pemilu kedua di negara bekas wilayah Indonesia itu. Xavier pernah menjadi presiden Timor Leste selama sembilan hari saat mendeklarasikan kemerdekaan Timor.

Meninggalnya Xavier membawa dampak pada pemilu di Timor Leste. Hal ini karena dalam Undang-Undang Pemilu Pasal 26  menyebut jika kandidat presiden meninggal dunia atau tidak dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik, proses pemilu harus dibatalkan dan dimulai dari awal.

(mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami