Cara Pangdam Jaya Jaga Kesehatan Para Prajurit Agar Terhindar dari Paparan Covid-19

Cara Pangdam Jaya Jaga Kesehatan Para Prajurit Agar Terhindar dari Paparan Covid-19
PERISTIWA | 28 Oktober 2020 01:30 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, mengatakan sangat memedulikan kondisi kesehatan pasukannya selama masa pandemi. Harapannya, agar tetap prima menjalankan tugas dan terhindar dari penularan Covid-19.

"Kita 'maintenance' (pelihara) betul, olahraganya, vitaminnya dan segala macamnya," kata Mayjen Dudung di Kantor Berita ANTARA. Demikian dilansir dari Antara, Selasa (27/10).

Dudung menyebutkan, kondisi Covid-19 saat ini juga menerpa pasukan TNI. Tidak menutup kemungkinan ada satu-dua anggotanya juga terpapar virus SARS-CoV-2, tapi jumlahnya tidak signifikan.

Oleh karena itu, lanjut Dudung, sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Kodam Jaya, para prajurit diharuskan olahraga rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta memberikan multivitamin yang cukup.

"Kalau di TNI memang ada satu dua orang terpapar, tapi tidak banyak. Kita harus kuat, hadapin demo nanti bagaimana, kalau kitanya sakit," ujar Dudung.

Dudung mengatakan, hingga kini pasukan yang berada di wilayah Kodam Jaya dengan jumlah mencapai 13.908 orang tersebar di wilayah Jadetabek dalam kondisi kuat dan solid.

Kodam Jaya juga mengerahkan kekuatannya untuk mengamankan gelombang demontrasi yang terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Untuk demontrasi tanggal 28 Oktober 2020 ini, Kodam Jaya juga mengerahkan 6.000 orang personel, ditambah pasukan cadangan untuk membantu jajaran Polri mengawal aksi massa yang tersebar di sejumlah lokasi seperti Istana Merdeka dan Tugu Proklamasi.

"Tim masih kuat, sampai sekarang masih solid," ujar Dudung.

Tidak hanya pencegahan di kalangan pasukan saja, Kodam Jaya juga mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat dengan melibatkan peran emak-emak.

Program hasil kolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu dinilai cukup efektif meningkatkan kesadaran masyarakat menjalankan 3M. (mdk/lia)

Baca juga:
Ridwan Kamil Ingatkan Pengelola Tempat Wisata Terapkan Protokol Kesehatan
OJK Pastikan Sektor Jasa Keuangan Masih Sehat Terkendali di Tengah Pandemi
Satgas Minta 5 Provinsi dengan Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi Lakukan Evaluasi
Kasus Aktif Covid di Indonesia di Bawah Rata-Rata Dunia, Angka Positif Turun 4,5%
Satgas: Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Naik 18 Persen Pekan Ini

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami