Cari 16 Korban Longsor Nganjuk, Tim SAR Kerahkan 30 Personel dan Satu Eskavator

Cari 16 Korban Longsor Nganjuk, Tim SAR Kerahkan 30 Personel dan Satu Eskavator
Ilustrasi Evakuasi Korban Longsor. ©2021 Foto: Basarnas Cilacap
PERISTIWA | 15 Februari 2021 14:43 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Proses pencarian korban longsor di Dusun Selopuro, Desa/Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur terus dilakukan. Dari enam belas korban yang belum ditemukan, terdapat empat balita atau anak-anak yang diduga turut menjadi korban longsoran.

Dikonfirmasi terkait data 16 korbsn longsor Nganjuk, Kepala Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo menuturkan, dari ke 16 korban hilang, 12 di antaranya berusia dewasa. Sementara empat sisanya masih balita atau anak-anak.

Ia menjelaskan, keenam belas korban itu antara lain Muryanto, Parmiati, Friska, Yono, Yatini, Umi, Darimun, Muryam, Sunarsih, Prasetyo, Rama, Yatemo, Putra, Dimas, Nendra, dan Rehan.

Keenam belas korban itu merupakan bagian dari 20 orang yang dinyatakan hilang sebelumnya. Dimana 4 diantaranya telah ditemukan. 2 dinyatakan selamat dan 2 lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Ia menambahkan, dalam kejadian ini kantor SAR Surabaya mengerahkan dua tim operasi beranggotakan 15 orang dibantu tim dari Pos SAR Trenggalek. Satu unit eskavator juga dikerahkan di lokasi.

"Unsur SAR yang ikut dalam upaya pencarian para korban, diantaranya tim dari Polres Ngajuk, BPBD kabupaten Nganjuk, Polsek Selopuro, Koramil Selopuro, dan potensi SAR lainnya," katanya dalam keterangan tertulis, senin (15/2).

Sementara itu, Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna, menjelaskan, dalam upaya pencarian 16 orang korban ini, personel tim SAR gabungan dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU pertama melakukan pencarian secara manual dengan menggunakan sejumlah peralatan pendukung, seperti Alkon (mesin pompa air), sekop, dan cangkul.

Sejumlah kendala dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan upaya pencarian korban, di antaranya cukup sulitnya akses jalan untuk alat berat menuju ke lokasi, kondisi lokasi tanah longsor yang cukup curam, dan masih ada retakan tanah di sekitar lokasi. (mdk/fik)

Baca juga:
Ini Nama Korban Tanah Longsor Nganjuk, Seorang Tengah Hamil 4 Bulan
3 Kabar Terbaru Banjir dan Tanah Longsor di Nganjuk, Ini Hasil Pencarian Korban
4 Warga Korban Tanah Longsor di Nganjuk Ditemukan, 2 Meninggal Dunia, 16 Masih Dicari
BPBD: 20 Warga Hilang Akibat Tanah Longsor di Nganjuk
Banjir dan Longsor Melanda Nganjuk, 23 Orang Dalam Pencarian

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami