Cari Kayu Penangkap Ikan, Warga Banyuasin Tewas Diterkam Buaya

Cari Kayu Penangkap Ikan, Warga Banyuasin Tewas Diterkam Buaya
PERISTIWA | 4 Juni 2020 12:01 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Lagi mencari kayu untuk memperbaiki alat penangkap ikan, Joni (30) tewas diterkam buaya. Mayat korban ditemukan beberapa jam usai kejadian oleh petugas kepolisian dan TNI.

Peristiwa itu terjadi saat korban dan ayahnya Asidin (54) menaiki perahu menyusuri Sungai Sungsang, Bungin, Kecamatan Banyuasin II, Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (3/6) siang. Mereka mencari kayu guna memperbaiki tuguk atau alat penangkap ikan.

Tiba-tiba mereka diserang seekor buaya yang membuat korban terjatuh ke sungai dan langsung dimangsa binatang buas itu. Bermaksud menolong, ayah korban terjun ke sungai namun justru turut diserang buaya.

Asidin mengalami luka di punggung dan tangan, sementara anaknya dibawa buaya ke dalam sungai.

Malam harinya, anggota kepolisian dan TNI AL dibantu masyarakat menuju lokasi untuk mencari korban. Tak jauh dari TKP, petugas melihat seekor buaya sedang menggigit badan korban dengan posisi melintang antara pinggang dan lutut.

Pada saat akan didekati, buaya tersebut menyerang petugas dan akhirnya ditembak sebanyak dua kali. Tembakan itu membuat buaya melepaskan korban dan kabur.

Direktur Polair Polda Sumsel Kombes Pol Yohanes Sismardi Widada mengungkapkan, jasad korban telah dievakuasi ke rumah duka di kampung Ratu, Desa Sungsang II, Banyuasin II, untuk dimakamkan. Sedangkan ayahnya tengah menjalani perawatan akibat luka yang dialaminya.

"Korban diterkam buaya saat mencari kayu. Syukur tubuhnya bisa segera ditemukan oleh petugas kami," ungkap Yohanes, Kamis (4/6).

Pihaknya berharap nelayan atau warga di sekitar lebih waspada ketika beraktivitas di sungai. Jika menemukan buaya, warga diharapkan segera melapor ke petugas untuk ditindaklanjuti.

"Mudah-mudahan tidak terjadi lagi serangan buaya yang menyebabkan korban jiwa. Warga diminta hati-hati," kata dia. (mdk/gil)

Baca juga:
Hilang Saat Mencari Ikan, Potongan Tubuh Safri Ditemukan Dalam Perut Buaya Muara
Polisi Tembak Mati Buaya yang Terkam Bocah
Cari Nipah di Hutan Indragiri Hilir, Junaidi Diterkam Buaya
Masuk Permukiman, Buaya di Kalteng Santap Babi Seberat 45 Kg
Tim Gabungan dan Ahli Asal Australia Gagal Tangkap Buaya Berkalung Ban
Warga di Mamuju Bunuh dan Kuliti Buaya Sepanjang 4 Meter

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami