Catat! Cara Akses Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis Pasien Omicron Isoman

Catat! Cara Akses Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis Pasien Omicron Isoman
NEWS | 25 Januari 2022 07:38 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan telemedicine Isoman (Isolasi Mandiri) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Melalui layanan tersebut, pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat secara gratis.

Layanan dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini, Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WhatsApp pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

2 dari 2 halaman

Konsultasi Daring ke Dokter

Bagi pasien yang mendapat WhatsApp pemberitahuan, bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine. Caranya tekan link yang ada di pesan WhatsApp dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan.

Lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis. Setelah selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Hanya pasien dengan kategori layak Isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis. Obat gratis yang didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

Kemudian Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, paket obat disesuaikan dengan resep dari salah satu di antara 17 layanan telemedicine. Obat di luar paket ditebus dan dibayarkan di luar layanan telemedicine Isoman.

"Sasaran layanan telemedicine Isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak Isoman. Diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek," kata Nadia, Senin (17/1). (mdk/gil)

Baca juga:
Memahami Strategi Nol Covid China, Akankah Bertahan Melawan Omicron?
Deteksi Varian Omicron, Dinkes Solo Kirim 32 Sampel WGS ke Lab Semarang
Wagub DKI Duga Penularan Covid-19 Didominasi dari Jabodetabek
Wapres Ingatkan Penyebaran Omicron Akibat Transmisi Lokal Meningkat Signifikan
Gibran Soal Dua Pasien Omicron Meninggal Dunia: Tenang Aja Solo Lebih Siap
WHO: Omicron Bisa Membawa Akhir Pandemi di Eropa
Kemendikbudristek Klaim Sudah Siapkan Mekanisme Hadapi Omicron

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami