Cegah Corona, Hasto Minta Kepala Daerah PDIP Relokasi APBD

Cegah Corona, Hasto Minta Kepala Daerah PDIP Relokasi APBD
Hasto Kristiyanto. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 21 Maret 2020 19:47 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - DPP PDI Perjuangan meminta kepada kepala daerah dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu untuk merelokasikan anggaran APBD guna membantu mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya juga meminta seluruh kader partai di struktural, eksekutif dan legislatif untuk terus menggerakkan gotong royong nasional dengan melayani rakyat, khususnya terhadap kebutuhan hand sanitizer, masker dan alat cek temperatur tubuh.

"Partai meminta seluruh pimpinan dewan dan kepala daerah atau wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan agar mendorong realokasi APBD untuk pencegahan Covid-19, termasuk jejaring pengamanan sosial bagi rakyat yang selama ini berpenghasilan harian," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/3).

PDIP, dia mengungkapkan, juga memfasilitasi dengan pemberian jamu tradisional, telur dan sosialisasi Covid-19. Selain itu, dapur umum juga dipersiapkan untuk membantu rakyat kecil yang selama ini mendapatkan upah harian.

Hasto menjelaskan, partainya bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan membantu menciptakan suasana agar rakyat tidak panik, dan pemerintah terus melakukan tindakan pencegahan termasuk bekerjasama dengan negara lain.

Selain itu, PDIP juga menugaskan Tri Rismaharini secara khusus untuk mengoordinasikan pergerakan kepala daerah PDIP.

"Ibu Mega juga terus memimpin gotong royong nasional tiga pilar Partai tersebut secara langsung, termasuk bagaimana Menseskab, Pramono Anung juga mendapat tugas agar terus mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para dokter, perawat dan seluruh tim medis yang benar-benar berdedikasi mengobati penderita Covid-19," jelasnya.

Menurut dia, apa yang terjadi saat ini juga mengajarkan betapa pentingnya membangun semangat berdikari, khususnya dalam kesehatan.

"Kesehatan masyarakat sangatlah penting. Seluruh kepala daerah Partai wajib melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan jamu sehat, vitamin dan jaringan pengaman sosial, serta memerkuat seluruh tim medis untuk membantu rakyat," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Hadapi Corona, Bidang Kesehatan Indonesia Harus Berdaulat
Hasto Minta Kader PDIP di Daerah Kompak Menangkan Pilkada
Terima Partai Buruh Australia, PDIP Ungkap Strategi Tingkatkan SDM Kader
PDIP Bentuk Tim Khusus untuk Mengkaji RUU Omnibus Law Cipta Kerja
Periksa Sekjen PDIP, KPK Telisik Percakapan dari Barang Bukti Elektronik

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami