Cegah Corona, TNI Lakukan Disinfektan di Perbatasan RI-Papua New Guinea

Cegah Corona, TNI Lakukan Disinfektan di Perbatasan RI-Papua New Guinea
PERISTIWA | 24 Maret 2020 09:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin menyatakan pihaknya secepat mungkin dilakukan langkah antisipasi penyebaran Virus Corona. Salah satunya dengan disinfektasi yang dilakukannya bersama sinergitas TNI-Polri dan Jajaran Bea Cukai di Sota, salah satu pos lintas batas negara Indonesia-Papua New Guinea (PNG).

"Hari ini, kami lakukan disinfektasi di wilayah perbatasan RI-PNG tepatnya di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua," tulis Lettu Inf Asep dalam siaran pers diterima, Selasa (24/3).

Asep menjelaskan, giat ini diawali dengan apel pagi bersama di halaman Puskesmas Sota yang dipimpin Danramil 1707-16/Sota, Mayor Inf Daniel Ngilawane. Kemudian, cairan disinfektan dibuat manual dari campuran Bayclin.

"Kami secara bersama-sama berkeliling melakukan penyemprotan disinfektan di Puskesmas, kantor-kantor instansi pemerintah, Koramil, Polsek, Pos Satgas Pamtas, Tugu Titik Nol Km Merauke-Sabang dan tempat lainnya," terangnya.

Dia menambahkan, giat disinfektasi merupakan wujud sinergitas dalam rangka bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di wilayah perbatasan. Menurutnya, Bupati Merauke Frederikus Gebze juga telah menetapkan daerahnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona.

"Melalui kegiatan ini kita bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19, agar tidak mewabah di perbatasan khususnya di wilayah Distrik Sota," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Disinfektasi Berlangsung 3 jam

Danramil 1707-16/Sota Mayor Inf Daniel Ngilawane, yang memimpin kegiatan disinfektasi mengatakan bahwa selama kurang lebih 3 jam.

Petugas gabungan dari TNI-Polri, unsur bea cukai PLBN Sota, Puskesmas Sota dan Pemerintah Distrik Sota berkeliling bersama menyemprotkan disinfektan di tempat-tempat umum dan kantor-kantor instansi.

Giat ini akan terus dilakukan secara berkala setiap harinya secara bersama melanjutkan berkeliling melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di perbatasan RI-PNG.

"Khususnya di kampung-kampung wilayah Distrik Sota akan kita sosialisasikan mengenai cara pencegahan Virus Corona," tutupnya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo Buat Hand Sanitizer dari Limbah Kulit Udang
Imbas Virus Corona, Hotel di Makassar Mulai Rumahkan Karyawan
Kisah Beda Nasib Perawat dan Dokter Bertarung Nyawa Melawan Corona di China
Menengok Cara Mendagri Tito Tetap Bekerja di Tengah Pandemi Corona
Kasus Positif Virus Corona di Kaltim Bertambah Menjadi 11 Orang
Semprotkan Disinfektan di Jalan, Chile Gunakan Drone

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5