Cegah Corona, Wali kota Palembang Minta Swasta Buat Bilik Sterilisasi

Cegah Corona, Wali kota Palembang Minta Swasta Buat Bilik Sterilisasi
PERISTIWA | 26 Maret 2020 13:08 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Pemerintah Kota Palembang memperbanyak pemasangan bilik sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Swasta dan pusat keramaian diimbau melakukan hal serupa.

Bilik sterilisasi terpasang di pintu masuk dan parkir kantor Wali kota Palembang di Jalan Merdeka. Setiap pegawai atau pengunjung wajib dicek suhu tubuh dan disemprot cairan antiseptik atau disinfektan sebelum masuk ke areal perkantoran.

Wali kota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, pihak swasta diharapkan turut mendukung dan terlibat dalam program itu agar pencegahan Corona dapat optimal. Terlebih, anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu besar, hanya berkisar Rp5 juta per unit.

"Bilik ini bisa dibilang manjur dalam upaya pencegahan. Karena itu swasta, BUMN, bank, mal atau lainnya harus terlibat juga," ungkap Harnojoyo, Kamis (26/3).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menambah bilik sterilisasi di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Nantinya disiagakan petugas khusus yang akan mengecek suhu tubuh dan menyemprotkan cairan disinfektan.

"Saya ingin Palembang aman dari virus itu, saya kira upaya ini patut dicoba," ujarnya.

Pemkot Palembang kembali membagikan kepada warga secara gratis cairan disinfektan. Hal ini karena disinfektan di pasaran sulit ditemukan.

"Nanti kita sebar ke warga, siapapun bisa terima, akan kami layani," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Palembang Ahmad Bastari menjelaskan, pihaknya telah membuat lima bilik sterilisasi dengan menghabiskan biaya Rp5 juta per unit. Bagi swasta, BUMN atau lainnya yang ingin membuat akan dilakukan pendampingan.

"Sudah dua bilik yang terpasang, selanjutnya di kantor-kantor dinas. Silakan bagi pihak lain yang ingin memasang, kami siap membantu," kata dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Polisi Isolasi Diri Usai Amankan Viral Jenazah PDP Covid-19 di Kolaka Dibawa Pulang
Cegah Penyebaran Virus Corona, Pelabuhan Papua Ditutup Sementara
Dua Kecamatan di Jakarta Barat Tertinggi Tangani Kasus Positif Virus Corona
PPP Klaim Rencana Rapid Test Corona Anggota DPR Belum Dibicarakan ke Fraksi Parpol
Pakai Dana BLUD Rp 3 M, RSUP Soekarno Babel Tambah 30 Ruang Isolasi Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami