Cegah DBD, Wapres JK Minta Masyarakat Cegah Genangan Air di Selokan

PERISTIWA | 29 Januari 2019 16:58 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kasus demam berdarah belakangan ramai terjadi di sejumlah daerah. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun meminta masyarakat terus menjaga lingkungan untuk mencegah demam berdarah.

"Tentu pertama pencegahan. Itu kan juga masyarakat bukan hanya pemerintah. Masyarakat harus mencegah genangan-genangan air di selokan, karena itu sumbernya," kata JK di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (29/1).

Dia menegaskan masyarakat yang harus lebih dulu mencegah dan pemerintah menyiapkan fasilitas pengobatan. JK juga mengaku sang cucu juga ikut terkena DBD.

"Jadi kita harus mencegah," kata JK.

Sebelumnya Pada tiga bulan terakhir, beberapa provinsi di Indonesia melaporkan adanya kasus demam berdarah dengue (DBD). Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr Siti Nadia Tarmizi ada 8-10 provinsi yang mengalami tren peningkatan ini.

"Kalau melihat tren dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya sekitar Februari cenderung turun atau sudah bisa dikendalikan," kata Nadia saat dihubungi Health-Liputan6.com.

Pada Februari, kata Nadia, berbagai pihak sudah melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk sehingga jumlah nyamuk akan berkurang. Itu artinya jumlah kasus DBD pun menurun.

Baca juga:
Kasus DBD di Berbagai Daerah Indonesia Diprediksi Bakal Turun Pada Februari
Pasien DBD di RSUD Kota Bekasi Meningkat Tajam
Tanpa Demam Tinggi dan Bintik Merah, DBD Ternyata Juga Bisa Muncul
Selain Fogging, Cara Apa yang Efektif untuk Memberantas DBD?
5 Cara Agar Rumah Tak Dimasuki Nyamuk Demam Berdarah
Begini Cara Mudah Terhindar dari Demam Berdarah di Musim Hujan
Waspada, Kasus DBD di Jakarta Meningkat Pesat

(mdk/dan)