Cegah Klaster Keluarga, Pemprov Jatim Siapkan Rumah Sakit Darurat Lapangan

Cegah Klaster Keluarga, Pemprov Jatim Siapkan Rumah Sakit Darurat Lapangan
PERISTIWA » MALANG | 19 September 2020 19:03 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Pemprov Jawa Timur sedang menyiapkan Rumah Sakit Darurat Lapangan. Sarana tersebut guna mengantisipasi klaster keluarga yang saat menjadi kewaspadaan pemerintah. Salah satu Rumah Sakit Darurat Lapangan tersebut rencananya akan ada di Malang.

"Kita direkomendasikan oleh Satgas Pusat bahwa ada klaster yang oleh Pak Presiden diwaspadai, yaitu klaster keluarga," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Malang, Sabtu (19/9).

Rumah Sakit Darurat Lapangan akan menjadi sarana isolasi bagi terkonfirmasi Covid-19 dalam kategori ringan sampai sedang. Tujuannya agar tidak terjadi penyebaran pada anggota keluarga yang lain.

Klaster keluarga, dia menjelaskan, selama ini banyak melakukan isolasi mandiri di rumah. Tetapi ternyata sarana pendukung kehidupan keseharian tidak mendukung untuk isolasi mandiri, seperti sanitasi dan ventilasinya.

"Kemudian mungkin dari anggota keluarga tetap bersama pada saat sarapan, dan seterusnya, maka kemungkinan terjadinya penyebaran di dalam rumah itu menjadi kewaspadaan baru," urainya.

Baca Selanjutnya: Khofifah mengungkapkan Menteri Koordinator Maritim...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami